Share

Cincin Swastika Milik Hitler Dilelang hingga Rp1,2 M

Restika Ayu Prasasty, Okezone · Jum'at 06 September 2013 13:45 WIB
https: img.okezone.com content 2013 09 06 29 861739 uU06aFrdg5.jpg Cincin milik Hitler (Foto: Dailymail)
A A A

SEBUAH perhiasan nazi langka yang pernah dimiliki oleh Adolf Hitler akan dilelang di Maryland, pekan depan dan diharapkan akan laku terjual setidaknya 70,000 poundsterling atau sekira Rp1,2 miliar.
 

Cincin yang dinamai "Cincin Hitler" ini terbuat dari perak yang awalnya dilapisi dengan emas. Namun setelah 75 tahun, nampaknya tidak banyak lagi lapisan emas yang tersisa.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Di bagian atas cincin ini terdapat lambang swastika besar dari batu rubi merah dan dikelilingi oleh motif pedang. Cincin ini dapat dimasukkan dalam globe perak dengan tumpuan kaki yang rumit yang juga dihiasi lambang swastika.

 

Tidak diketahui apakah diktator Jerman itu pernah mengenakan cincin ini. Namun, fakta bahwa cincin ini dibuat untuknya sudah cukup untuk mendorong harga item ini setinggi langit, terutama bagi kolektor militaria Nazi.

 

Cincin ini sedang ditawarkan untuk dijual oleh Rumah Gadai Sejarah Alexander (Alexander Historical Auctions House) di Maryland dan dilengkapi dengan dokumen yang menyatakan bahwa itu memang dibuat untuk sang Fuhrer.

 

Cincin ini dibuat oleh ahli emas, Karl Berthold, yang adalah seorang fanatik Nazi dan memecat karyawan Yahudi-nya tidak lama setelah rezim Hitler berkuasa pada 1933.

 

Dia menulis surat kepada Hitler dan mengatakan telah memecat "budak Bolshevik-Yahudi". Berthold pun ditugaskan oleh pejabat partai Nazi untuk membuat cincin bagi pemimpin Hitler.

 

Cincin itu kemudian ditemukan di Berchtesgaden (tempat bersembunyi Hitler di kawasan Bavaria, Jerman) pada 1945 oleh pasukan Amerika Serikat. Salah seorang tentara mengantonginya sebagai suvenir sebelum menjualnya.

 

Cincin itu pun dimiliki oleh beberapa kolektor selama bertahun-tahun. Pemilik terakhir diketahui meninggal dunia dua tahun yang lalu, cucu dialah yang kini menjual cincin tersebut, seperti dilansir Dailymail.

 

Alexander Historical Auctions House terkenal suka menjual barang-barang dan artefak bertema militaria Nazi. Tiga tahun yang lalu, mereka menjual buku harian Josef Mengele (dokter kamp konsentrasi Auschwitz yang melakukan eksperimen medis mengerikan di tahanan dan dijuluki Malaikat Kematian).

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini