Israel Kerahkan Pertahanan Rudal Hadapi Suriah

Kamis, 29 Agustus 2013 17:01 wib | Fajar Nugraha - Okezone

Foto: AFP Foto: AFP TEL AVIV - Israel dilaporkan mengerahkan pertahanan misilnya dalam skala penuh. Pengerahan pertahanan itu terkait dengan kemungkinan serangan balasan dari Suriah, yang terancam diserang Amerika Serikat (AS).

Tidak diketahui berapa banyak sistem pertahanan rudal yang dimobilisasi pihak militer Israel. Sistem itu termasuk misil jarak pendek yang termasuk dalam sistem pertahanan Iron Dome, rudal Patriot dan rudal jarak jauh Arrow II.

"Menghadapi ancaman serangan (dari Suriah), Militer Israel (IDF) mengambil langkah penanggulangan untuk menjaga negara," ujar Juru Bicara Milter Israel, seperti dikutip APA, Kamis (29/8/2013).

Menghadapi ancaman serangan dari Amerika Serikat (AS) beserta sekutunya, Suriah mengutarakan akan membalas serangan itu melalui Israel. Ini dilakukannya karena Israel merupakan salah satu sekutu AS.

Selain itu, Israel juga akan dihadapkan pada tembakan roket dari Hizbullah, yang dikenal sebagai pendukung utama Suriah. Serangan Hizbullah yang berkedudukan di Lebanon, dikhawatirkan bisa melumpuhkan kekuatan Israel.

Serangan terhadap Suriah terkait dengan dugaan adanya penggunaan senjata kimia yang dilakukan oleh pasukan Suriah terhadap warga sipilnya. Namun serangan yang direncanakan oleh AS ini masih menunggu penyelidikan keberadaan senjata kimia itu.

Presiden Barack Obama justru menegaskan bahwa hingga saat ini belum ada keputusan mengenai respons yang diambil pemerintahannya atas penggunaan senjata kimia ini. Tetapi Obama menyimpulkan bahwa Pemerintah Suriah memang melakukan serangan yang menggunakan senjata kimia.

Obama menambahkan, adalah sebuah pelanggaran atas norma internasional terhadap penggunaan senjata kimia di wilayah konflik. Hal tersebut dibutuhkan sebuah respons cepat. (faj)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »