Share

Hevina Sedan, Modifikasi Total Sebuah Timor?

Febri Ardani, Okezone · Selasa 27 Agustus 2013 09:57 WIB
https: img.okezone.com content 2013 08 27 52 855996 JtxcgZX1Ek.jpg F: Mobil listrik Hevina (Febri Ardani / Okezone)

TANGERANG SELATAN - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) masih samar-samar ketika menjelaskan pertanyaan apakah Hevina sedan menggunakan basis dari sedan Timor yang pernah beredar tahun 90-an dan menggendong label mobil rakyat.

"Bisa saja dikatakan demikian, tapi kita ubah semua mulai dari mesin, kaki-kaki, interior dan eksterior," kata Abdul Hapid, Koordinator Penelitian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, di Puspitek, Tangerang Selatan baru-baru ini.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Signal Kustom yang bertanggung jawab masalah estetika Hevina sedan bekerja keras mengubah tampilan wajah dengan membuat ulang bagian bumper sekaligus spoiler. Signal juga mendesain ulang penempatan lampu kabut yang sudah disandingkan bersama sepasang DRL (Daytime Running Light) LED. Desain grille juga berubah total dari sosok Timor, modelnya kini lebih menyipit karena motor listrik tidak butuh banyak asupan udara layaknya mesin konvensional.

Bahunya kini melebar dengan penambahan daging sekitar 2-3 cm, termasuk fender roda. Mobil yang aslinya punya plat nomer RI 35 ini dilengkapi dengan velg corak bintang, membuatnya tampil dengan rasa elegan.

Lain hal dengan bagian depan dan samping, di bagian belakang barulah terlihat jelas ciri khas sebuah mobil Timor. Tidak butuh banyak pengetahuan automotif, cukup sekedar atau setidaknya pernah sekali melihat sosok Timor dijalan, pasti akan mengamini mobil Hevina sedan tersirat seperti sebuah Timor yang sudah dimodifikasi besar-besaran.

Penyebabnya, LIPI enggan mengganti model lampu bagian belakang Timor, Signal hanya mendapat perintah untuk melakukan penyelesaian akhirnya saja. 

Masuk ke dalam kabin, bentuk dashboard memang telah berbeda dari asli Timor namun rasa yang muncul hanya seperti dashboard timor yang telah dilapisi kulit berkualitas. Meter cluster terdapat lambang 'Hevina', panel instrumen sebelah kanan masih model jarum sedangkan sebelah kiri sudah digital.

Sebagian besar kabin ditunjang dari lapisan kulit berwarna coklat dan krem, termasuk pada Jok pengemudi dan penumpang, trim pintu, dan plafon. Hevina sedan juga dilengkapi perangkat sistem audio, tweeter dapat terlihat di pilar A.

Ditel pada kemudi yang justru mengherankan, lambang 'T' khas Timor tidak bisa disembunyikan dengan baik. Meski telah dilapisi kulit, lambang tersebut masih menonjol dan tercetak ke permukaan kulit.

Meski masih berstatus prototipe riset sebagai sedan 5 penumpang bertenaga listrik, satu hal yang tidak bisa ditampik adalah nomer kode sasis yang masih tertera di salah satu dinding ruang mesin. Kode tersebut berawalan KNAFA, yang sudah terkonfirmasi merupakan platform Timor, lebih lengkapnya KNAFA3232V5687334.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini