Share

Indonesia Berjaya di Shell ECO Marathon

Febri Ardani, Okezone · Jum'at 02 Agustus 2013 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2013 08 02 52 846365 TS9P4ymG4Y.jpg F: logo Shell (shell.com)

JAKARTA- Shell ECO Marathon adalah salah satu program investasi sosial produsen migas Royal Dutch. Menantang pelaku akademis menciptakan kendaraan super irit yang dapat menempuh jarak terjauh dengan bahan bakar seminimal mungkin.
 

Program tahunan ini mulai merambah ke Asia dan mencakup kawasan Timur Tengah sejak 2010 lalu. Sebelumnya Shell ECO Marathon memang sudah lama digelar di benua biru dan negeri Paman Sam.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Shell ECO Marathon terdiri dari dua kategori, prototipe dan urban concept. Sejak menjajaki Asia, Shell ECO Marathon selalu dihelat di Sirkuit Sepang, Malaysia. Indonesia sendiri diakui sudah memenangkan banyak tropi yang dipersembahkan anak masa depan bangsa.

 

Khusus di tahun 2013, Shell ECO Marathon urung dilaksanakan, Inggita Notosusanto, Country Communication Manager Shell Indonesia menjelaskan, "Seharusnya tahun ini memang masih di Sepang, tapi memang manusia masih belum bisa melawan kehendak alam. Penyelenggaraan tahun ini dibatalkan karena Sepang diselimuti asap tebal kiriman dari Kalimantan," katanya saat acara buka puasa bersama media, di Jakarta.

 

Sebagai penggantinya, Shell Group memberikan penghargaan off track pada tim yang telah berpartisipasi dengan total hadiah mencapai USD 27.500. Indonesia diwakili dua tim mendapatkan dua kategori anugerah, yakni Energy Challenge Award yang dimenangkan oleh tim Rakata dari ITB (Institut Teknologi Bandung) serta Shell Helix Tribology Award yang dipersembahkan buat tim 2 dari ITS Institut Teknologi Sepuluh November.

 

Ibu kota Filipina, Manila, akan menjadi tuan rumah Shell ECO Marathon 2014. Konsep yang ditawarkan cukup menarik karena balapan irit akan digelar di tengah kota yang diubah menjadi sirkuit. Peserta yang telah terdaftar di Sepang secara otomatis dapat mengikuti Shell ECO Marathon 2014.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini