Share

Mesin Nissan GT-R Bikinan Para "Dewa"

Febri Ardani, Okezone · Jum'at 26 Juli 2013 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2013 07 26 52 843019 yDIL5NMwEi.jpg F: Mesin Nissan GT-R (newspress)

YOKOHAMA- Sang legendaris Nissan GT-R adalah hasil kerja para seniman mesin. Layaknya menenun, setiap komponen yang ada dalam mesin dirajut menggunakan tangan agar menghasilkan kesempurnaan yang tidak bisa dicapai oleh robot.
 

Izumi Shioya, Nobumitsu Gozu, Tsunemi Oyama, dan sang pemimpin Takumi Kurosawa adalah seniman yang bertanggung jawab di setiap pembuatan mesin VR38 TwinTurbo kebanggaan Nissan. Mereka menggabungkan seluruh pengalaman yang dimiliki Nissan selama lebih dari 100 tahun. Takumi Kurosawa sudah sangat terkenal di Jepang sebagai salah satu Dewa mesin.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Pabrik Yokohama telah memproduksi 35 juta unit mesin selama 80 tahun untuk Nissan. "Dengan menempatkan nama saya di blok mesin. Saya sangat merepresentasikan Nissan dan telah dipuji sebagai pembuat mesin GT-R. Saya merasa sangat bangga dan terhormat," kata Takumi Kurosawa, dalam keterangan resminya, Jumat (26/7/2013).

 

Robot adalah hal yang tidak asing dalam produksi mesin abad ke-21, tapi di Yokohama tetap ada tempat eksklusif untuk merakit 374 komponen dengan manual melalui tangan-tangan para ahli.

 

"Saat GT-R diproduksi di 2007, pemasangan katup menggunakan robot, tapi sekarang semuanya menggunakan tangan. Mengukur, mengencangkan, dan mengukur kembali. Setelah pengecekan dengan manual dan mengkonfirmasi, maka tugas selanjutnya adalah mengirimkan kepada konsumen," jelas Kurosawa yang telah tiga dekade mengabdi pada Nissan.

 

Takumi Kurosawa dan timnya juga membuat mesin versi street Nissan GT-R sampai Super GT300. "Jika Anda hanya ingin merakit mesin GT-R, semua orang dengan skil tinggi dapat mempelajarinya dalam 3-4 bulan, namun habitat GT-R ada pada kecepatan 320 km/jam di trek balap, jadi ukuran yang presisi pad mesin sangat dibutuhkan," ungkap Kurosawa san.

 

Takumi tidak hanya bertanggung jawab hanya dalam perakitan, tapi ia juga menentukan kualitas dan menjamin presisi. Setiap mesin GT-R dirakit oleh seniman yang berbeda, karena itu karakternya bisa berbeda-beda di setiap mesin.

 

Mesin 3,8 liter menghasilkan 545 HP, semuanya punya hubungan emosional dengan penciptanya. Setelah enam jam perakitan, Takumi menempatkan namanya pada blok mesin sebagai jaminan kualitas. Setiap pemilik Nissan GT-R akan memiliki perasaan spesial pada mobilnya.

 

"Saya sangat mengerti perasaan para konsumen, dan kami menempatkan banyak jiwa kami di setiap mesin, kami berharap dapat mencapai setiap konsumen," tukas Izumi Shioya.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini