Share

Mau Mudik, Cek Oli Dulu Yuk

Septian Pamungkas, Okezone · Selasa 23 Juli 2013 18:06 WIB
https: img.okezone.com content 2013 07 23 52 841408 hntvZHBdU8.jpg F: cek oli cukup dengan membuka deep stick (okezone)

JAKARTA - Pemeriksaan kondisi kendaraan sebelum melakukan mudik menjadi hal utama untuk menjaga performa mobil. Pasalnya perjalanan yang ditempuk cukup jauh bahkan hingga ratusan kilometer.

Pelumas atau oli menjadi salah satu komponen penting dalam kendaraan terutama mesin. Oleh karena itu kondisi pelumas pada mesin mobil harus diperiksa dengan seksama sebelum melakukan perjalanan mudik.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Kalau oli mesin atau oli gardan biasanya ada riwayatnya dan digantung di kemudi mobil. Catatan riwayat tersebut menunjukan kapan terakhir mengganti oli dan kapan harus menggantinya lagi," jelas Eko Budiman mekanik bengkel di bilangan Serpong kepada Okezone.

Namun jika Anda tergolong orang yang rajin melakukan perawatan berkala tentu tidak perlu merasa khawatir. Namun karena mudik merupakan perjalanan panjang maka tidak ada salahnya jika melakukan pengecekan kondisi oli mesin ataupun oli gardan kendaraan.

"Untuk oli mesin ada deep stick (alat pengukur oli) bisa dilihat ketinggian oli dalam mesin dan juga melihat warnanya. Sementara oli gardan, bisa diperiksa dengan membuka baut pengisian. Bila oli masih menetes, maka kuantitas masih oke. Sementara dilihat warnanya, bila sudah berwarna abu-abu atau kehitaman, itu sudah waktunya diganti," urainya.

 

Lebih lanjut Eko menyatakan oli merupakan elemen penting dalam mobil yang tidak bisa ditawar-tawar. Bagi Anda yang akan melakukan perjalanan panjang, jangan berpikir dua kali, segera periksa atau ganti oli kendaraan Anda.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini