Share

Renault-Nissan Kembangkan Mesin 800 cc

Febri Ardani, Okezone · Selasa 23 Juli 2013 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2013 07 23 52 841376 VsBOiUlpQt.jpg F: Datsun GO (motorbeam)

NEW DELHI- Kolaborasi dua pabrikan, Renault dan Nissan, kini mengembangkan mesin bensin 800 cc untuk memenuhi kebutuhan pasar India.
 

Renault-Nissan menargetkan untuk terus menekan biaya produksi buat mobil murah mereka di masa depan. Nantinya, mobil ini yang akan bersaing dengan pabrikan seperti Hyundai dan Suzuki.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Renault India akan memperkenalkan mobil entry level mereka di 2015. Akan menjadi mobil pertama yang menerapkan mesin tiga silinder, 800 cc berikut transmisinya, yang di produksi lokal.

 

Insinyur dari Prancis dan Jepang juga turut membantu mengembangkan mesin ini, yang dinamakan dengan kode BR08. Saat ini kapasitas mesin terkecil di Internasional adalah 900 cc.

 

Sekarang baik Renault dan Nissan merakit mesin bensin dan diesel di India dari campuran spare-part impor dan lokal. Namun dengan adanya fluktuasi mata uang, impor di India akan meningkatkan biaya. Kabar juga menyebutkan bahwa keduanya ikut mengembangkan mesin 1.0 liter di India.

 

Mesin berkapasitas kecil, 800 cc sedang dikerjakan di pusat teknologi Renault-Nissan di Chennai. Kapasitas pabrik pun semakin ditingkatkan dari 400 ribu unit menjadi 485 ribu unit di akhir tahun.

 

Model mobil murah Renault dan Datsun GO akan dibangun di pabrik yang sama, setelah kemampuan penuh telah terlaksana baru ekspor akan dilakukan ke negara-negara berkembang.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini