Share

Harga Jual Datsun Indonesia Beda dengan India

Febri Ardani, Okezone · Rabu 17 Juli 2013 11:20 WIB
https: img.okezone.com content 2013 07 17 52 838162 Uxdq6QdRpn.jpg F: Datsun GO (motorbeam)

JAKARTA- Dalam Peraturan Menteri Perindustrian No. 33/M-IND/PER/7/2013 setidaknya ada empat syarat buat setiap pabrikan yang ingin merasakan program insentif mobil murah ramah lingkungan (LCGC), yakni, irit bahan bakar, diproduksi lokal, harga jual, dan lolos verifikasi lembaga surveyor independen.
 

Mengenai harga jual, peraturannya adalah harga mobil LCGC paling rendah Rp95 juta (off the road), mendapatkan tambahan harga 15 persen dari harga normal bila bertransmisi otomatis dan tambahan 10 persen bila menggunakan tambahan fitur keamanan.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Pastinya pemerintah punya alasan sendiri kenapa peraturannya bisa sampai seperti itu. Tapi kalau menurut saya, itu masih dalam taraf wajar karena kalau melihat model sekarang bedanya transmisi manual dan otomatis bisa sampai 10 jutaan. Harganya memang bakalan seperti itu," ungkap Indriani Hadiwidjaja, GM Datsun Bisnis Unit Indonesia, saat buka puasa bersama media di Jakarta.

 

Lalu bagaimana dengan harga jual Datsun nantinya saat diluncurkan 2014 nanti? Datsun GO di India diberi harga 400 ribu Rupee atau bila dikonversikan langsung ke rupiah menjadi Rp66,7 juta. Namun harga ini jelas tidak bisa disamaratakan, nilai mata uang dan produksi lokal India sudah 100 persen termasuk mesin bisa jauh memangkas harga produksi.

 

"Saya bisa pastikan model Datsun untuk Indonesia berbeda dengan India. Mengenai harga jual belum bisa saya ungkapkan sekarang karena memang waktu rilisnya juga masih jauh. Jelas berbeda juga dengan India, karena struktur pajak di Indonesia kan memang beda, kita lihat dulu akan seperti apa," tutup Indri.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini