Share

Yamaha Force Gempur Dataran Tinggi Guci

Arief Aszhari, Okezone · Senin 24 Juni 2013 14:41 WIB
https: img.okezone.com content 2013 06 24 423 826706 YqIzxcRK45.jpg F: Tes ride Yamaha Force (dok Yamaha)

TEGAL- Setelah memberikan kesempatan menguji secara Yamaha Force di Ancol beberapa waktu lalu, kali ini Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kembali menggelar test ride Yamaha Force dengan medan yang lebih berat.
 

Pengujian dilakukan Sabtu, (22/6/2013), saat proses peluncuran Yamaha Force di Tegal, dengan melewati rute menuju wisata pemandian air panas di dataran tinggi Guci yang berada di Tegal, Jawa Tengah.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Test ride sendiri dibagi menjadi dua kelompok, kelompok pertama dengan rute perkotaan dari Hotel Plaza menuju diler Yamaha Agung di Slawi Jawa Tengah. Sedangkan n rute kedua dari diler menuju wisata pemandian air panas di kawasan Pegunungan Guci.

 

Okezone mendapat kesempatan rute menuju pegunungan Guci. Trek yang dilalui melewati daerah perkotaan dengan tingkat kemacetan yang cukup padat dengan melewati persimpangan dan pasar. Saat melewati perkotaan, Yamaha Force memang terasa pas dengan situasi jalan padat, seperti yang sudah dibahas saat test ride di Jakarta beberapa waktu lalu.

 

Tapi, saat tiba di jalan dengan kontur menanjak dan menurun, ini adalah waktu yang tepat menguji ketangguhan sepeda motor bebek low entry baru Yamaha, yang dibanderol sebesar Rp13,3 juta ini. Pada putaran bawah sendiri akselarasi yang diberikan memang cukup responsif dengan perpindahan gigi yang terasa cukup halus.

 

Mesin empat langkah, dua valve SOHC, dan berpendingin udara silinder tunggal berkapasitas 114cc ini. Yamaha Force memang mengedepankan torsi yang maksimal dengan sedikit mengesampingkan kecepatan maksimal motor ini.

 

Tenaga di putaran bawah terasa cukup besar, namun nafas motor tidak cukup panjang. Saat tiba di tanjakan curam, tak mau kehilangan momentum, maka harus kembali mengoper ke gigi lebih rendah untuk mendapatkan kembali tenaga yang maksimal. Secara umum, Force mampu menangani semua medan jalan di Guci. Sistem pengereman juga terasa apik, saat harus bertarung dengan turunan tajam. Sedangkan handling teruji saat melibas tikungan.

 

Yamaha Force dilengkapi dengan sistem injeksi dan low friction technology, jadi konsumsi bahan bakar Yamaha Force ini lebih irit. Bahkan sesaat sebelum tiba di tujuan, semua motor ternyata hampir habis bahan bakarnya. Panitia menginstruksikan untuk tetap menggeber, karena memang ini adalah pembuktian keiritan Force.

 

Seperti yang diutarakan oleh General Manager Marketing Communication YIMM Eko Prabowo, bahwa konsumsi bahan bakar Force ini mencapai 1:52. "Menurut hasil tes dari Tim R&D Yamaha, Force memiliki konsumsi bahan bakar 1:52 atau 1 liter untuk 52 km." papar Eko Prabowo di Tegal, Jawa Tengah.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini