Share

Motor Tua BSA B34 1951, Kuat Dipakai Harian

Septian Pamungkas, Okezone · Selasa 18 Juni 2013 12:10 WIB
https: img.okezone.com content 2013 06 18 53 823613 b3vYBoDB2V.jpg F: BSA B34 1951 (bikeexif)

LONDON - Biasanya sebuah motor lawas dimanfaatkan sebagian orang sebagai barang koleksi. Pasalnya setiap komponen dan kemampuan motor lawas ini tentunya sudah habis dimakan usia.

Namun hal itu tidak menyurutkan Nate Hudson untuk memiliki dan menjadikan BSA B34 lansiran 1951 sebagai tunggangan idamannya. Dirinya terinspirasi oleh sang ayah yang menggunakan BSA B34 pada era 50-an.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Inspirasi tersebut mendorong Nate untuk berburu BSA B34 dengan memanfaatkan situs jual-beli eBay. Setelah berhasil mendapatkannya ia pun langsung melakukan penyegaran dengan mempertahankan sebagian besar komponen dari mesin aslinya.

Nate pun menunjuk British American Motors yang bermarkas di Long Beach untuk merestorasi BSA B34 yang berusia 62 tahun itu. Ubahan yang dilakukan adalah mengganti piston, ring piston, katup dan klaher. Hasilnya motor dengan sistem transmisi yang telah dibenahi ini mampu berlari dengan mulus.

Satu masalah yang dihadapi Nate dalam menyegarkan kembali BSA B34 ini adalah sistem pengisian dimana dinamo Lucas kini sangat sulit didapatkan. Begitu juga mengenai informasi dinamo tersebut.

"Kami mendapati saat mesin idle, dinamo hanya mengeluarkan daya 0,5 volt. Bahkan itu tidak cukup untuk membuat bola lampu berkedip," keluhnya.

Namun pria asal Inggris itu tidak kehabisan akal dan ia pun mengadopsi aki kering 6 volt yang ditempatkan diantara mesin dan transmisi. Pada dasarnya tenaga yang dihasilkan baterai digunakan untuk keperluan kelistrikan lampu rem.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini