Share

Tenaga Gahar Mesin Baru All New Carens

Septian Pamungkas, Okezone · Kamis 13 Juni 2013 16:59 WIB
https: img.okezone.com content 2013 06 13 423 821534 oXcGU7GBhH.jpg F: All New KIA Carens (Septian P/Okezone)

JAKARTA- Test Drive All New KIA Carens yang digelar PT KIA Mobil Indonesia diikuti oleh puluhan jurnalis nasional baik automotif. Garis start diambil dari diler KMI Sunter yang berada di Sunter Agung Podomoro, Jakarta Utara.

 

Okezone yang turut serta dalam kegiatan test drive tersebut memilih menjadi penumpang lebih dulu. Mobil yang digunakan adalah All New Carens bertransmisi manual.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Dari bangku depan model semi bucket, All New Carens langsung menawarkan kenyamanan. Badan terasa dipeluk dari belakang. Sabuk pengaman pun sangat mudah digunakan. Terasa halus saat menariknya.

 

Hal yang paling membuat penasaran adalah tenaga yang dihasilkan mesin baru yang diadopsi All New Carens. Namun sayang, karena berada di jalan umum kami pun urung untuk menguji kemampuan maksimal dalam hal kecepatan.

 

Namun yang perlu dicatat saat Carens manual, tarikan awal mesin 2.0 liter DOHC Dual CVVT begitu responsif. Saat melakukan sprint, badan terasa ditarik ke belakang. Masuk gigi dua, terdengar decitan ban yang menggesek aspal. Tidak ada ada jeda sama sekali, tenaga mesin terasa terisi terus saat masuk gigi berikutnya.

 

KIA mengklaim mesin ini sanggup menghembuskan tenaga 152 PS pada 6.500 rpm dengan torsi puncak 19.8 kg.m pada 4.800 rpm. Meski tidak mencapai kecepatan puncak, untuk meraih angka 110 kpj begitu mudah digapai.

 

Saat bertolak kembali ke Jakarta setelah dari Gunung Pancar, Bogor, Okezone kali ini menjadi pengendara dengan menggunakan All New Carens otomatis. Adanya fitur tilt steering serta jok yang dapat dinaik-turunkan membuat kenyamanan.

 

Tarikan awal Carens matik dirasa tidak terlalu jauh berbeda dengan versi manual. Tenaga bawahnya begitu ganas. Mobil langsung menyentak saat pedal gas ditekan secara spontan, perpindahan gigi pun terasa halus.

 

Fitur semi-manual tak lupa dijajal guna merasakan kehandalan mesin All New Carens. Hasilnya mobil terasa lebih agresif. Menambah maupun menurunkan gigi hanya dengan menggesernya ke depan (tanda +) dan belakang (tanda -) terasa begitu mudah.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini