Share

Apa Persamaan Audi R8 dengan Sepatu Crocs?

Febri Ardani, Okezone · Selasa 11 Juni 2013 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2013 06 11 424 820272 c82tG4UB0l.jpg F: Audi R8 (Inautonews)

MUNICH- Pertanyaan di atas mungkin mengada-ada. Tapi jawaban sebenarnya adalah keduanya menggunakan polyolefins. Bahan spesial ini adalah perekat khusus yang digunakan pada kedua produk industri tersebut.
 

Pabrikan Audi menggunakan bahan polyolefins untuk menghasilkan diet bobot kendaraan yang maksimal. Rencananya akan menjadi pelopor dalam beberapa tahun ke depan.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Menggunakan lem untuk merakit mobil sebenarnya bukanlah hal baru, Lotus Elise sudah menerapkannya pada tahun 1995. Alumunium sudah menjadi norma tanpa pengecualian dalam setiap pembangunan kendaraan.

 

Namun seiring dengan kemajuan zaman, bahan perekat canggih tidak bisa dihindari, lagipula material ringan tidak bisa direkatkan dengan metode las seperti yang biasa dilakukan di besi atau baja.

 

Tapi hal ini bukannya tanpa masalah, Ferrari pernah dipaksa menarik model 458 Italia untuk menambahkan paku karena perekat di sekitar ban yang tidak kuat.

 

Tantangannya adalah bagaimana menjadikan perekat dalam industri automotif agar bisa lebih tahan lama dan tahan panas serta getaran. Henkel, pabrikan perekat terbesar di dunia mengatakan akan mulai memindahkan fokus mereka ke industri yang lebih spesial seperti mobil, pesawat terbang, bahkan ponsel.

 

Audi mengklaim penggunaan perekat pasti meningkat sebanyak 50 persen. Sedangkan Mercedes Benz mengatakan sekarang telah dalam proses pendekatan dengan pabrikan perekat.

 

"Kami tidak membeli lem perekat dari sumber pertama tapi kami bersama-sama mengaplikasikan perekat spesifik dan kompleks," kata jubir Mercedes Benz kepada Reuters, Selasa (11/6/2013).

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini