Share

Alasan Proton Bertahan di Segmen Sedan

Febri Ardani, Okezone · Sabtu 01 Juni 2013 10:28 WIB
https: img.okezone.com content 2013 06 01 52 815986 PSJ77dmIWF.jpg F: Proton Preve (Febri A/Okezone)

JAKARTA- Proton Edar Indonesia (PEI) akan meluncurkan sedan anyar mereka, Proton Prive, 13 Juni nanti. Mobil dengan spesifikasi dan fitur premium tersebut akan mengisi model sedan teratas yang dimiliki PEI.
 

Acap kali dikatakan gairah penjualan mobil penumpang tipe sedan sedang mengalami masa surut dan cenderung datar. Namun hal ini berbeda dengan strategi Proton di Indonesia. Model yang ditawarkan di dalam negeri lebih banyak sedan dibanding model lain.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

PEI telah memiliki Proton Saga, Proton Persona, dan mengisi line up sedan terakhir tentu saja Proton Prive. Kemudian hatchback Proton Neo dan Proton Gen2, sedangkan model MPV mereka hanya Proton Exora.

 

"Di Malaysia sana memang paling tinggi pasar sedan, jadi Proton lebih banyak produksi sedan. Imbasnya kita lebih banyak jual sedan, memang kita sadar pasar di Indonesia berbeda, disini justru yang laku model MPV, karena itu Exora punya banyak pilihan dengan rentang harga Rp162 juta sampai Rp260 juta," papar Edwin Sofiar Hendra, Head of Product & Price Market Division Proton Edar Indonesia saat bertemu Okezone di Jakarta, Jumat (31/5/2013).

 

"Selain karena kondisi jalan di Indonesia, budaya konsumen lebih cenderung jalan-jalan pakai mobil itu ramai-ramai makanya kapasitas penumpang itu penting. Berbeda dengan budaya Malaysia, selain kondisi jalannya lebih bagus mereka budayanya naik mobil sendiri-sendiri," imbuh Edwin lagi.

 

Sempat absen dua tahun, Proton akan kembali lagi mengikuti ajang Indonesia International Motor Show 2013. Belum banyak informasi mengenai bocoran rencana dan agenda PEI, namun kabarnya akan ada peluncuran beberapa mobil baru.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini