Share

Ternyata Esemka Belum Diproduksi di Solo

Bramantyo, Okezone · Rabu 29 Mei 2013 17:17 WIB
https: img.okezone.com content 2013 05 29 52 814567 feeyQ4i8D8.jpg F: Esemka (Okezone)

SOLO- Meskipun nama Esemka identik dengan kota Solo, ternyata mobil rakitan siswa SMK ini tidak di produksi di Solo, Jawa Tengah. Esemka dirakit di Tangerang, Banten. Sementara, 32 kabupaten/kota, termasuk Solo, masih menunggu standardisasi assembly.
 

Pejabat Humas PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) Sabar Budi, mengatakan standardisasi assembly di 32 kabupaten/kota cabang produksi Esemka yang tersebar di seluruh Indonesia ditargetkan rampung tahun ini. Di Solo, rencananya Esemka akan dirakit di SMK SMK N 2, SMK N 5 dan SMK Warga

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Tahun ini sudah selesai semua, termasuk Solo. Sekarang prosesnya sudah sesuai jadwal,” jelas Sabar Budi kepada wartawan, di Solo, Jawa Tengah, Rabu (28/5/2013).

 

Dia mengatakan juga telah menyiapkan assembly line secara bertahap dengan menggandeng pelaku UKM mitra. Delapan kota serta sembilan UKM di Jawa Tengah dan Jawa Timur lokasi pembuatan komponen Esemka. Seperti di Pasuruan, Gresik, Malang dan Purbalingga.

 

Sabar mengatakan, penyelesaian rakitan dilakukan secara bertahap sambil menyempurnakan kapasitas produksi. Saat ini PT SMK tengah menyelesaikan pesanan yang berasal dari kalangan tokoh politik, masyarakat umum, kalangan militer, hingga pemerintah daerah.

 

Satu unit mobil Esemka Rajawali (R2) dibanderol Rp160 juta. Sedangkan harga Esemka Bima dipasang Rp75 juta. Diakui Sabar, biaya produksi Esemka berasal dari koperasi SMK dan mitra kerja yang diklaim ada 10.000 koperasi SMK.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini