Sempatkan 1 Menit Periksa Ban Sebelum Berangkat

Rabu, 22 Mei 2013 12:59 wib | Arief Aszhari - Okezone

F: Goodyear Care For Your Safety (Arief A/Okezone) F: Goodyear Care For Your Safety (Arief A/Okezone)

JAKARTA- Buruknya kondisi ban masih menjadi salah satu faktor penyebab kecelakaan lalu lintas.
 
Saat ini para pengendara dianggap masih kurang sadar tentang pentingnya perawatan ban. Padahal tidak sulit dalam melihat atau mengecek kondisi ban, buat melihat apakah ban kendaraan masih laik jalan atau tidak.
 
Menurut Fenty Berliana, Direktur Marketing Goodyear Indonesia, ada cara yang paling sederhana untuk peduli terhadap ban dan sekaligus mengurangi tingkat kecelakaan yaitu dengan sempatkan 1 sampai 2 menit untuk berkeliling memeriksa ban sebelum beraktivitas.
 
"Tidak sampai dua menit buat berkeliling mobil, memeriksa tekanan angin dan memeriksa kondisi kelayakan ban sebelum berangkat," ungkap Fenty Berliana di Jakarta, Rabu (22/5/2013).
 
Cara selanjutnya adalah tetap dengan melakukan perawatan secara berkala. Pemeriksaan tekanan angin pada ban seminggu sekali, serta melakukan spooring dan balancing secara teratur.
 
"Banyak masyarakat yang tidak paham, bahwa tekanan angin pada ban itu berbeda-beda setiap mobil. Untuk ukuran tekanan angin yang benar biasanya terdapat pada pintu di setiap masing-masing mobil," tambahnya.
 
Ban sendiri merupakan bagian yang memiliki peran vital dalam keselamatan berkendara. Si karet bundar adalah satu-satunya elemen dari kendaraan yang menempel langsung dengan permukaan aspal atau tanah. Untuk itu selalu sempatkan diri memeriksa kondisi ban.
(zwr)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »