Share

Konsumsi BBM All New Grand Livina Tembus 25,6 Km/Liter

Febri Ardani, Okezone · Rabu 22 Mei 2013 07:06 WIB
https: img.okezone.com content 2013 05 21 52 810503 b8s2VspvBk.jpg F: All New Nissan Grand Livina X-Gear (Febri A / Okezone)

BOGOR - Media test drive yang dilaksanakan Nissan Motor Indonesia (NMI) di sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa (21/5/2013) khusus untuk membuktikan tingkat keiritan dan kenyamanan yang dimiliki oleh generasi terbaru, All New Grand Livina.

Sebelumnya Okezone telah membuktikan kelebihan pada tingkat kenyamanan, kali ini adalah pembuktian seberapa irit tingkat efisiensi bahan bakar All New Grand Livina.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Pengujian dilakukan dua kali mengelilingi sirkuit Sentul, terdapat 3 rintangan zig-zag yang diberikan di tiga tempat yang berbeda. Okezone memilih untuk menggunakan All New Grand Livina bertransmisi manual lima kecepatan.

Metode berkendara yang digunakan adalah ECO driving. Kondisi sirkuit yang kosong memang tidak mencerminkan situasi perjalanan perkotaan yang sebenarnya, namun angka yang didapat setidaknya dapat menjadi referensi sampai sejauh mana tingkat keiritan All New Grand Livina. Dengan catatan semua kendaraan yang digunakan memakai bahan bakar Pertamax.

Penghitungan terakhir mengandalkan indikator MID (Multi Information Display), bukan menggunakan model penghitungan fuel to fuel. Saat perjalanan dimulai angka masih menunjukan 0 km/liter.

Masuk gigi satu perjalanan dimulai dengan perlahan, pedal gas ditekan lembut agar tenaga yang digunakan hanya secukupnya saja. Sama halnya di setiap pilihan transmisi, perpindahan hanya dilakukan saat jarum RPM menunjukan angka 1.500. Sampai di gigi 5 pertama tidak ada lagi pergantian gigi hingga finish.

Kecepatan rata-rata adalah 45 km/jam, sedangkan akselerasi maksimum berada di angka 50 km/jam. Kata kuncinya adalah konsistensi, mempertahankan kecepatan adalah yang tersulit karena sirkuit Sentul memiliki karakteristik tersendiri dengan banyaknya jumlah tikungan.

Hasil terakhir dalam dua putaran penuh, mobil All New Grand Livina yang dikendarai Okezone mencapai angka 25,0 kilometer per liternya, dan menjadi yang teririt untuk transmisi manual. Sedangkan di mobil lain yang menggunakan All New Grand Livina bertransmisi otomatis mencapai 25,6 km/liter.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini