Share

Rekor Drift BMW M5 Sepanjang 82,52 km

Febri Ardani, Okezone · Kamis 16 Mei 2013 15:32 WIB
https: img.okezone.com content 2013 05 16 52 808074 Xwm8ozntkL.jpg F: BMW M5 (Autoblog)

SOUTH CAROLINA - BMW M5 kini memegang rekor Guinness World Record untuk drift terpanjang tanpa terputus selama 82,52 km. Mobil ini sama sekali tidak dimodifikasi alias standar pabrikan dan dikemudikan oleh Johan Schwartz yang merupakan instruktur BMW Performance Centre.

 

Menggeser ban belakang ke arah yang salah sampai kehilangan traksi dengan sengaja adalah teknik yang dibutuhkan dalam prinsip drifting. Selain itu juga dibutuhkan ketangkasan dan koordinasi gerak tubuh untuk mengendalikan bodi mobil masuk dan keluar tikungan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Johan melakukannya secara konstan sepanjang 322,5 putaran di sirkuit sekolah BMW yang berjarak 256 meter. Menjadikan total drift-nya bertahan sampai lebih dari 80 km. Sedan yang diproduksi tahun 2013 ini sudah dipersenjatai dengan ban Continental ContiSport untuk mendapatkan performa dan traksi sesuai kebutuhan.

 

Rekor terbaru ini mengalahkan pemegang rekor drift terpanjang sebelumnya dengan perbedaan jarak yang terbilang signifikan. Rekor lawas hanya mencapai 11.18 km, dilakukan oleh Abdo Feghali di Abu Dhabi menggunakan Chevrolet Camaro SS yang telah dimodifikasi.

 

Sebagai bahan perbandingan, saat itu Abdo melakukannya di area parkir yang kering, sedangkan Johan melakukannya di trek yang dibasahi air menggunakan sistem pancur yang membuatnya tetap basah selama pemecahan rekor.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini