Share

Kondisi Ban Prima, Berkendara pun Kian Nyaman

Arief Aszhari, Okezone · Selasa 14 Mei 2013 17:53 WIB
https: img.okezone.com content 2013 05 14 87 806963 jUstx1iuBr.jpg F: Bridgestone Ecopia EP150 (Arief Aszhari / Okezone)

JAKARTA - Jelang liburan sekolah tidak ada salahnya Anda mempersiapkan kondisi mobil agar selalu prima, terlebih lagi saat akan diajak bepergian bersama anak-anak tercinta.

Salah satu komponen yang perlu mendapat perhatian khusus adalah ban karena ban merupakan satu-satunya komponen pada mobil yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Saat berpergi ke luar kota atau ketempat yang jaraknya cukup jauh, kendaraan yang digunakan selain harus memiliki performa mesin yang baik juga harus memili performa ban yang bagus untuk menunjang kenyamanan dan keselamatan.

Menurut Deni Arief, Training and Technical Support Section Manager Bridgestone Indonesia, ada beberapa tips untuk merawat agar performa ban tetap baik saat digunakan untuk bepergian jarak jauh.

"Agar performa ban pada kendaraan tetap baik saat digunakan menempuh jarak jauh, setidaknya ada 3 hal yang harus diperhatikan," jelasnya disela-sela peluncuran ban Bridgestone Ecopia EP150 di Bridgestone Proving Ground Karawang, Selasa (14/5/2013).

Pertama yang harus diperhatikan adalah tekanan angin pada ban, karena saat digunakan untuk jarak jauh tekanan angin pada ban jangan sampai berlebihan bahkan kurang. Karena hal tersebut akan berpengaruh pada stabilitas kecepatan kendaraan.

Kedua adalah rotasi ban secara teratur, pindahkan ban dari kiri dan kanan, depan dan belakang, hal ini dimaksudkan agar keausan pada ban dapat terjadi secara merata.

Yang ketiga dan terakhir adalah spooring, hal ini berguna untuk menyelaraskan ban antara kiri dan kanan atau depan dan belakang. Jika penyetelan atau tekanan yang salah pada ban maka akan terjadi keausan dengan lebih cepat.

Lebih lanjut Deni mengatakan, jika memang ada waktunya, bersihkanlah batu-batu kecil atau kerikil yang ada disela-sela ban, agar perputaran ban lebih maksimal.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini