Share

"Kembaran Ertiga" Untungkan Suzuki India

Febri Ardani, Okezone · Selasa 14 Mei 2013 18:04 WIB
https: img.okezone.com content 2013 05 14 52 806974 eN4as1YWRZ.jpg F: Mazda VX-1 (Febri Ardani / Okezone)

NEW DELHI - Maruti Suzuki (ATPM Suzuki India) melalui kontrak kerja sama dengan Mazda telah menelurkan Mazda VX-1 yang memiliki basis Ertiga. VX-1 baru saja diluncurkan akhir pekan lalu di Jakarta.

Kolaborasi diantara keduanya sudah pasti menguntungkan kedua belah pihak. Keuntungan Mazda didapat dari terpangkasnya ongkos pengembangan model baru, low MPV. Segmen ini merupakan penetrasi kelas baru yang dilakukan Mazda.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sementara untuk pabrikan India, kesempatan penjualan Ertiga mesin bensin lebih besar dengan perjanjian suplai unit CKD (Complete Knock DOwn) untuk Suzuki Indonesia. Di India, tipe mesin diesel lebih digemari ketimbang versi bensin.

Saat ini suplai CKD Ertiga untuk Indonesia diestimasikan mencapai lebih dari 50.000 unit, dan diperkirakan akan semakin meningkat karena ditambah dengan penjualan Mazda VX-1.

Selain kerja sama Ertiga dengan Mazda, Maruti Suzuki juga punya perjanjian global dengan Nissan. Kali ini Nissan menggunakan basik hatchback A-Star yang akan digunakan sebagai Nissan Pixo di Eropa. Perjanjian awal mencapai 50.000 unit, tapi gejolak ekonomi yang tetap tidak stabil di Eropa menjadikan hanya 10.000 unit yang disuplai ke Nissan.

Tidak ada perbedaan signifikan antara Suzuki Ertiga dan Mazda VX-1. MPV tujuh penumpang tersebut masih memiliki ruang mesin yang sama. Mesin Ertiga K14B DOHC VVT, 4 silinder segaris yang berkapasitas 1.373 cc punya tenaga maksimal 95PS/6.000rpm dan torsi maksimalnya 130Nm/4.000rpm. Mazda VX-1 dirilis khusus untuk Indonesia hanya memiliki satu model transmisi, yakni manual 5 kecepatan.

Menurut Motorbeam, Selasa (14/5/2013), Ertiga yang diboyong ke tanah air juga diberi pilihan transmisi otomatis 4 percepatan. Namun Mazda Motor Indonesia mengatakan belum bisa memberi kepastian apakah akan ada pilihan tipe transmisi otomatis.

"Sekarang kami belum memikirkan ke arah itu (transmisi otomatis), VX-1 baru memiliki dua varian (R-Grade dan V-Grade)," tukas Astrid Ariani Wijana, Senior Marketing Manager Mazda Motor Indonesia ketika ditanya Okezone saat peluncuran Mazda VX-1.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini