Share

Merasakan Performa Dua Ban Anyar Michelin

Septian Pamungkas, Okezone · Minggu 12 Mei 2013 09:02 WIB
https: img.okezone.com content 2013 05 11 423 805510 r3OoHD0zPd.jpg F: Tes ban Michelin Pilot Street Radial (ist)

BANGKOK - Usai diperkenalkan dihadapan jurnalis dari lima negara (Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina dan Vietnam), produsen ban Michelin memberikan kesempatan untuk merasakan langsung performa ban sepeda motor Michelin Pilot Street.

Pengetesan ini dilakukan di Thailand Circuit, Nakornchaisri yang terletak di Provinsi Nakhon Phathom, Thailand. Dalam pengetesan ini, Michelin Pilot Street digunakan pada motor bebek 125 cc, sementara Michelin Pilot Street Radial dipasang di motor sport 250 cc.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Okezone mendapat kesempatan pertama menggunakan motor bebek untuk merasakan kehandalan ban Michelin Pilot Street. Pada putaran pertama, saya masih beradaptasi dengan ban sehingga dalam melibas tikungan dengan kecepatan sedang. Untuk diketahui, sirkuit dengan panjang 2,4 km ini memiliki 11 tikungan.

Setelah melahap tuntas satu putaran, kecepatan pun ditambah. Tikungan demi tikungan dilibas dengan kecepatan cukup cepat bahkan sesekali bagian standar menyentuh aspal.

Tidak ada gejala sliding saat menikung. Ban terasa begitu kuat mencengkram aspal, alhasil kepercayaan diri semakin tumbuh dan memberanikan diri untuk "merebahkan" diri ditikungan.

Tidak berhenti sampai disitu, pengetesan ban Pilot Street juga dilakukan dalam sesi safety riding. Disini para awak media ditantang untuk melakukan slalom dengan melewati kerucut dan melewati titian papan.

Hal ini tentu untuk membuktikan kehandalan ban saat diajak meliuk-liuk di jalur perkotaan. Hasilnya cukup memuaskan. Motor sangat stabil saat melewati rintangan-rintangan tersebut.

Selesai mencoba ban untuk tipe bebek, giliran ban yang dikhususkan bagi tipe motor sport. Tidak hanya Pilot Street Radial yang disiapkan tetapi ban merek lain digunakan sebagai pembanding.

Saat menggunakan Pilot Street Radial motor terasa begitu mudah dikendalikan. Saat bermanuver di tikungan dengan kecepatan cukup tinggi motor tetap stabil. Ban seakan lengket dengan aspal. Hal ini tentunya berbeda saat melibas tikungan dengan ban kompetitor, dimana terasa sedikit ngebuang.

Bikers Nasional

Tidak hanya awak jurnalis, dua bikers nasional ikut merasakan performa ban anyar dari Michelin. Keduanya adalah Murray dan Wahid.

Murray yang tercatat sebagai Dewan Pembina Yamaha V-Ixion Club Indonesia (YVCI) Tangerang mengungkapkan ban terbaru Michelin memiliki daya cengkram sangat baik saat melibas tikungan.

"Handling motor pada saat masuk maupun keluar tikungan sangat mudah dikendalikan hal ini dikarenakan cengkraman ban Michelin Pilot Street pada lintasan sangat menggigit baik dilintasan basah maupun kering, meskipun menggunakan motor bebek dengan tipe yang berbeda," ujarnya.

"Begitupula halnya saat menggunakan motor sport 250cc, Compound ban Michelin Pilot Street Radial sangat mumpuni meskipun melibas tikungan dengan kecepatan yang cukup tinggi. Hal ini sangat berbeda dengan merk ban lain yang di gunakan oleh motor sport tipe sejenis," tambah Murray.

Sementara itu, Wahid dari Kawasaki Ninja Club Indonesia (KNCI) mengutarakan penggunaan bahan Silica pada ban Pilot Street Radial menjadi salah satu faktor pendukung memaksimalnya kinerja mesin motor-motor tipe sport karena grip yang dihasilkan sangat maksimal.

"Sangat terasa saat saya mencoba memaksimalkan tenaga mesin diputaran tinggi setiap kali keluar tikungan ban Michelin Pilot Street Radial tidak mudah kehilangan grip-nya, sedikit power sliding terjadi pada ban belakang tetapi motor tetap stabil." jelasnya.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini