Share

Mengupas Sejarah Mesin Honda Accord

Septian Pamungkas, Okezone · Sabtu 27 April 2013 11:55 WIB
https: img.okezone.com content 2013 04 27 52 798534 0zmcTCelqf.jpg F: Mesin Earth Dream Honda Accord Generasi Kesembilan (ist)

JAKARTA - Generasi pertama Honda Accord lahir tahun 1976, wujudnya berupa model sedan hatchback tiga pintu, menggunakan mesin CVCC sebagai mesin pertama yang lulus persyaratan U.S Muskie Act di dunia.

Pada generasi kedua (1982–1985), Honda Accord memperkenalkan Electronically Control Fuel Injection System PGM-FI. Berkat adanya teknologi ini, tingkat efisiensi bahan bakar bisa ditingkatnya sampai 15 persen.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Berlanjut ke generasi ketiga yang pertama kali diperkenalkan di Jepang pada 4 Juni 1985, Honda Accord menjadi mobil pertama di dunia yang menggunakan double wishbone pada suspensi depan dan belakang. Pemasarannya sudah mencapai Eropa dan Amerika Serikat.

Honda Accord generasi keempat menambahkan teknologi SRS driver airbag system yang menjadikan Honda Accord sebagai mobil dengan penjualan tertinggi di Amerika Serikat.

Perkembangan teknologi terus berlanjut pada Honda Accord generasi kelima dengan memperbaharui mesin menjadi 2.2 L DOHC VTEC.

Dilanjutkan dengan Honda Accord generasi keenam yang menambahkan beberapa teknologi seperti Electronic Power Steering (EPS) dan Vehicle Stability Assist System (VSA).

Kemudian Honda Accord generasi ketujuh, Honda kembali menampilkan teknologi baru pada mesinnya yaitu 2.4 L DOHC i-VTEC + DBW dan beberapa teknologi lainnya.

Pada generasi kedelapan, Honda Accord kembali tampil dengan teknologi baru yang untuk pertama kalinya hadir di kelasnya, di antaranya Variable Cylinder Management (VCM), Active Control Engine Mount System, Paddle Shift generasi kedua, Active Noise Control System, Speed Sensitive Volume Compensation, hingga i-SRS Airbag.

Generasi kesembilan All New Honda Accord ini telah mengaplikasi Earth Dreams Technology, yaitu pengembangan teknologi mesin Honda dengan struktur mesin terbaru dan bobot yang lebih ringan sehingga menghasilkan efisiensi dalam pemakaian bahan bakar namun tetap bertenaga, sesuai dengan visi driving enjoyment dari Honda.  All New Accord dibekali dengan mesin 2.4 liter DOHC i-VTEC yang menghasilkan tenaga sebesar 176 PS pada 6.200 rpm dengan torsi maksimal 225 Nm pada 4.000 rpm.

Accord punya sejarah panjang di dunia otomotif Indonesia. Sejak peluncurannya pertama kali di tahun 1978, Accord telah laku 77.052 unit di seluruh Tanah Air. All New Honda Accord tipe 2.4 VTi dilepas dengan harga Rp499 jutaan, sementara tipe 2.4 VTi-L dibanderol Rp549 juta dengan status On the Road Jabodetabek dan BBN Mobil Pertama.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini