Share

Gaikindo: BBM Naik Pengaruhi Penjualan Mobil

Febri Ardani, Okezone · Kamis 25 April 2013 16:11 WIB
https: img.okezone.com content 2013 04 25 52 797578 T8MxUm0OKu.jpg F: Pabrik Daihatsu Karawang

JAKARTA- Penjualan kendaraan bermotor di tahun 2012 lalu sudah mencapai 1,1 juta unit. Selain itu Indonesia juga sudah masuk dalam one million club automotif di dunia.
 

Menurut Gaikindo selaku wadah penjualan unit kendaraan di seluruh Indonesia, tahun ini tidak ada perkembangan yang signifikan. Prediksinya penjualan total di tahun 2013 akan flat alias sama saja dengan tahun 2012.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Perkiraan ini tetap tidak berubah walaupun menurut data yang ada dalam periode Januari sampai Maret 2013 penjualan kendaraan bermotor di Indonesia telah mencapai 295.000 unit. Keadaan ini berbeda dari tahun 2012 yang hanya mencapai 246.000 unit.

 

"Walaupun terjadi peningkatan penjualan pada kuartal pertama dibanding tahun lalu, kami tetap masih memperkirakan pasar tahun ini tetap sama sampai 1,1 juta unit," papar Sudirman MR, Ketua Umum Gaikindo saat konfrensi pers IIMS 2013 di kompleks SCBD, Jakarta (25/4/2013).

 

Menurut Sudirman, Gaikindo punya beberapa pertimbangan, diantaranya adalah sejak April mulai diberlakukannya uang muka Syariah untuk kendaraan bermotor. Pertimbangan yang kedua adalah dalam jangka waktu dekat akan ada kenaikan harga BBM mobil pribadi. Penilaian lain juga dilihat dari kekuatan nilai mata uang Rupiah yang sedikit melemah.

 

Sementara itu, Sudirman juga menambahkan bahwa beberapa merek kendaraan telah meningkatkan kapasitas produksi lokalnya. Namun ini tidak disertai dengan minat beli yang tinggi di masyarakat.

 

Dampak yang dapat diamati adalah pada kuartal pertama terjadi penumpukan kendaraan siap jual, kondisi ini berujung pada banyaknya pemilik merek kendaraan yang akhirnya memberikan fasilitas diskon untuk menaikan gairah penjualan.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini