Share

HRC Jakarta Ajarkan "Kartini" Berkendara yang Benar

Septian Pamungkas, Okezone · Selasa 23 April 2013 16:26 WIB
https: img.okezone.com content 2013 04 23 199 796307 duT4D2M9ef.JPG F: Safety Riding Course HRC Jakarta (ist)

TANGERANG- Beragam acara kerap digelar komunitas sepeda motor untuk merayakan hari jadinya. Kegiatan yang dilakukan tidak melulu diisi dengan acara hiburan atau melakukan touring.

Seperti yang dilakukan komunitas sepeda motor yang tergabung dalam Honda Revo Club (HRC) Jakarta, di ulang tahunnya yang ke-5 HRC Jakarta mengadakan Safety Riding Course (SRC) khusus untuk ladies bikers. Acara ini terselenggara bertepatan dengan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2013 lalu.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kegiatan yang melibatkan Wanita Indonesia dari berbagai komunitas dan masyarakat umum ini dihelat di sirkuit Wahana Training Center Jatake, Tangerang. Dalam pelaksanaannya HRC Jakarta bekerja sama dengan Main Dealer Honda Wilayah Jakarta-Tangerang PT Wahana Makmur Sejati (WMS) dan PT Adira Dinamika Insurance.

"Ini adalah pertama kalinya kita mengadakan safety riding course khusus bagi ladies bikers yang sekaligus sebagai momentum memperingati hari kartini," jelas Bernat Ketua HRC Jakarta dalam keterangan resminya kepada Okezone.

Sebanyak 35 peserta yang berasal dari berbagai komunitas dan masyarakat umum mengikuti pelatihan SRC yang meliputi Teori dimana para peserta diberikan pelajaran bagaimana cara berkendara yang aman, mengendalikan emosi di jalan , dan praktik meliputi pengeraman yang benar (Breaking), melintasi papan keseimbangan (Narrow Plank), melewati jaur Cone yang sudah diatur (Slalom Phylon) dan Slalom Course.

Salah Satu teknik safety riding yang diajarkan antara lain mengenai pengereman. Meskipun terlihat sederhana, tetapi nyatanya pengereman butuh teknik tertentu.

"Pengereman yang aman menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan. Tetapi jangan terlalu dalam karena nantinya malah bisa tergelincir," kata Instruktur Safety Riding Wahana, Agus Sani.

Selain diajarkan teknik berkendara, para peserta juga berkesempatan mendapat ilmu mengenai teknologi Honda PGM-Fi dan pelatihan Beauty Class. Beauty Class ini memberikan pengetahuan tentang perawatan wajah serta bagaimana cara berdandan yang baik bagi para ladies bikers.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini