Share

Sistem Kerja Piston Pada Suspensi CBR600RR 2013

Febri Ardani, Okezone · Kamis 18 April 2013 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2013 04 18 53 793892 DdCjNAJhhk.jpg F: Ilustrasi (Autoevolution)

TOKYO - Salah satu hal yang baru pada Honda CBR600RR 2013 ada pada sistem peredaman daya kejut yang menggunakan milik CBR1000RR, yakni Showa Big Piston Fork (BPF).

Dilansir Autoevolution, Kamis (18/4/2013) BPF bekerja berdasarkan sistem teknis modern dengan fokus yang berujung pada performa motor, tapi prinsip dasarnya ternyata sangat sederhana. Semakin besar tekanan pada daerah poros bantalan, maka akan semakin sedikit tenaga yang dibutuhkan untuk menjaga daya kejut yang spesifik.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Tidak seperti suspensi sebelumnya yang menggunakan pelor untuk mengatur oli, Showa BPF mengandalkan piston tunggal untuk melakukan tugas tersebut.

Piston peredam ini berukuran 3,5 kali lebih besar dari sistem pelor, memberikan respon redam yang lebih baik berikut juga dengan tanda peringatan tekanan oli, secara keseluruhan redaman daya kejut semakin mulus karena sistem beroperasi lebih baik.

Semua hal in dapat terasa dari akselerasi yang semakin responsif, terutama pada gerakan awal. Dengan tekanan rendah, oli dapat mengalir lebih mudah, menawarkan reaksi yang halus saat melewati guncangan besar ataupun kecil.

Hal ini tentunya semakin meningkatkan kepercayaan diri ketika memacu sepeda motor dalam kecepatan tinggi, sebab traksi pada roda depan lebih mengigit.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini