Share

Gelar Mobil Tercepat Masih Jadi Rebutan

Febri Ardani, Okezone · Kamis 11 April 2013 15:40 WIB
https: img.okezone.com content 2013 04 11 52 789995 YlFuXSlZWu.jpg F: Bugatti Veyron Super Sport (sportlover)

NEW YORK- Belum lama, Guinness World Records telah melucuti gelar mobil produksi tercepat yang pernah dipegang Bugatti Veyron Super Sport. Gelar ini dicabut karena adanya pelanggaran yang diindikasikan dari matinya pembatas kecepatan saat tes dilakukan.

Produsen asal Amerika, Washington, lebih tepatnya, SSC (sebelumnya dikenal dengan Shelby Supercars) sebelum Veyron telah membubuhkan rekor kecepatan 412.217 km/jam. Rekor ini dicapai Ultimate Aero dengan mesin 1.183 HP di jalur bebas hambatan, dan disaksikan masyarakat luas.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Ini bukanlah rencana kami untuk merebut rekor. Kami menunggu saat Tuatara yang nantinya akan menembus rekor tercepat di luar sana," kata Jerod Shelby penemu SSC di website perusahaannya.

Tuatara sepertinya terlalu lama, minggu lalu Hennessey yang berasal dari Texas mengklaim mobil mereka, Venom GT yang mengambil platform dari Lotus Elise telah berlari sekencang 427.6 km/jam di salah satu landasan pacu di California. Hennessey mengajukan keberatan dari pencapaian rekor Bugatti Veyron 430.98 km/jam adalah palsu karena mobil yang digunakan memiliki pembatas kecepatan hanya sampai 415 km/jam.

Rekor Venom GT memang tidak pernah terekam Guinness World Records, tapi pernyataannya tentang Bugatti membuat organisasi pengumpul rekor dunia tersebut membuat ketentuan bahwa modifikasi pada pembatas kecepatan berarti melanggar peraturan.

Tapi tidak berhenti sampai disitu, Guinness mencabut gelar Bugatti Veyron Super Sport dan meninjau kategori "mobil produksi" lebih jauh. Hasilnya, seperti dikabarkan Foxnews (11/4/13), tidak ada pemegang rekor untuk kategori mobil produksi tercepat di dunia, termasuk Ultimate Aero.

Menarik memperhatikan para produsen automotif menciptakan kendaraan yang dapat berlari dengan angka yang sepertinya tidak mungkin terjadi, sampai lain waktu kita tunggu siapa yang akan menjadi mobil tercepat di seluruh jagat.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini