Share

5 Cara Ponsel Mengubah Mobil

Febri Ardani, Okezone · Minggu 07 April 2013 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2013 04 06 424 787479 fRugUZTb8f.jpg F: ist

USIA ponsel telah mencapai 40 tahun sejak Motorola melakukan hubungan telepon seluler untuk yang pertama kalinya, pada tanggal 3 April 1973. Butuh beberapa dekade selanjutnya sampai pada hubungan yang sangat erat antara ponsel dan perangkat mobilitas dalam bentuk sebuah mobil.
 

Tapi apakah sekarang kedua perangkat ini membunuh satu dengan yang lainnya. Seperti dilansir autoweek, ada lima cara ponsel mungkin saja mengubah masa depan sebuah mobil.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Mengalihkan Perhatian Pengemudi

Menurut Centers for Disease Control, sembilan orang meninggal dunia di Amerika karena terganggu konsentrasinya ketika mengemudi. Sama halnya seperti makan Big Mac saat menyetir, meningkatnya kecelakaan karena alih perhatian juga disebabkan karena pengemudi menggunakan ponsel saat mengemudi.

 

Menjawab masalah ini, pabrikan kini telah melengkapi mobilnya dengan peralatan elektronik untuk mendeteksi potensi kecelakaan saat pengemudi sedang mengetik ponsel. Peralatan yang dibawa mobil sekarang semakin besar dan mahal, dan sama sekali tidak menghilangkan kebiasaan menggunakan ponsel sama sekali.

Dashboard penuh dengan tombol

Dalam usaha lain agar pengemudi tetap memperhatikan jalan, pabrikan kini menambahkan beberapa fitur canggih dan komplex pada sistem multimedia sebuah mobil.

 

Sistem ini mampu membuka facebook, dan juga mengirimkan pesan tanpa mengetik. Sayangnya sistem ini belum terintegrasi dengan baik satu dengan yang lainnya, sementara untuk mengembangkan sistem ini butuh biaya yang sangat besar.

Mengganti Prioritas Remaja

Untuk orang Indonesia, remaja yang sudah menjajaki umur 17 tahun sudah dapat memiliki KTP dan bisa untuk ikut test mengemudi agar mendapatkan SIM. Sekarang semuanya berubah, remaja sekarang lebih suka memainkan ponsel atau smartphone.

 

Mereka juga selalu menuntut hal baru. Di ulang tahunnya yang ke-17 bukan SIM yang mereka cari melainkan kado ponsel paling mutakhir. Biaya untuk pembaruan ini lebih murah bagi ponsel dibandingkan dengan mobil.

 

Diskoneksi Sosial

Kenapa harus membakar bensin banyak-banyak untuk pergi bertemu dengan kolega di sebuah restoran atau tempat umum lainnya. Sementara kita bisa tahu posisi teman lewat situs Foursquare atau dari foto-foto di Facebook. Masalahnya terjemahan informasi dari pertukaran komunikasi yang didapat akan lebih tipis jika dibandingkan dengan menggunakan metode temu muka.

 

Kehilangan momen bahagia

Kenangan kebahagiaan saat berkendara bersama keluarga hilang karena tiap penumpang lebih memilih untuk asyik sendiri-sendiri. Tidak ada lagi canda antar anggota keluarga, semuanya berhenti saat tiap penumpang lebih memilih untuk menonton DVD sendiri-sendiri, sibuk dengan smartphone masing-masing, mendengarkan lagu menggunakan headset.

 

Setidaknya kedua gadget ini tidak akan berujung seperti lagu "Video Killed the Radio Star" yang pernah dipopulerkan oleh band asal Inggris The Buggles. Anggapannya adalah mobil tetap tidak akan hilang, tetapi di masa yang akan datang kemajuan teknologi komunikasi pasti akan merubah beberapa bagian dari sebuah mobil, berbeda seperti yang kita pernah kenal.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini