Share

Mengenal Lebih Dekat Bos Tata Motors Indonesia

Septian Pamungkas, Okezone · Jum'at 05 April 2013 08:03 WIB
https: img.okezone.com content 2013 04 04 52 786444 OfYTkvtcEZ.jpg F: Presdir Tata Motors Indonesia, Biswadev Sengupta (Septian P / Okezone)

BERPERAWAKAN tinggi besar, ramah dan murah senyum. Itulah sedikit gambaran dari President Director Tata Motor Indonesia (TMI), Biswadev Sengupta. Pria kelahiran Mumbai, India, ini telah mengabdi dengan perusahaan automotif nomor satu di India tersebut selama 20 tahun.

 

Biswadev resmi menetap di Indonesia sejak April 2012 lalu. Dirinya harus bolak-balik India-Indonesia pada awal tahun lalu untuk mengurus surat izin tinggal sebelum akhirnya bermukim di Tanah Air.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Sejak mendapat tugas untuk memimpin perusahaan di Indonesia, Biswadev langsung merasa nyaman dengan negera beribu kepulauan ini. Menurutnya, tinggal di Jakarta seperti layaknya tinggal di kampung halamannya.

 

"Just like home. Like my home. Karena Indonesia mirip India dari penampilan dan kesehariannya. Sekarang keluarga saya sudah di Indonesia dan mereka merasa nyaman seperti di Mumbai. Suasananya benar-benar seperti di lingkungan tempat saya tinggal di India," akunya.

 

Dirinya juga mengomentari kemacetan yang terjadi di Ibukota. Menurutnya tingkat kemacetan di Jakarta sama dengan di Mumbai, India.

 

Soal makanan Sengupta mengaku tidak pernah ada masalah karena bermiripan dengan makanan India. Nasi goreng pun menjadi salah satu makanan favoritnya.

 

"Sate juga. Semua yang dari ayam saya suka. Kalau di India tidak ada sate tetapi adanya kenduri dan kebab," jelasnya.

 

Biswadev menuturkan selama berada di Indonesia belum banyak tempat wisata yang ia kunjungi bersama keluarga. Kerjaan yang menumpuk menjadi salah satu faktor penyebabnya. "Saya sibuk, pulang sampai jam 9 malam. Banyak pekerjaan yang saya kerjakan," ujarnya sembari tersenyum.

 

Namun saat akhir pekan tiba, waktunya ia habiskan bersama isteri dan kedua anaknya. Biswadev mengaku belum sempat mengajak isteri dan anak-anaknya bepergian jauh karena anak keduanya masih sangat kecil.

 

"Akhir pekan biasanya kami pergi ke mall hanya untuk sekedar nonton (bioskop). Saya belum ajak pergi karena saya punya baby usia dua bulan. Tapi saya ingin ajak mereka ke Bali suatu hari nanti," janjinya.

 

Biswadev mengatakan jauh sebelum dirinya ditugaskan memimpin TMI, sama sekali belum pernah singgah hanya untuk sekedar berlibur di Indonesia.

 

"Saya tidak sempat datang untuk liburan karena orang India kalau liburan ke Singapura, Thailand, Malaysia, Hongkong, dan kemana aja selain Indonesia," imbuhnya.

 

Menurut Biswadev di India publisitas tempat wisata itu kebanyakan datang dari Malaysia, Singapura, Thailand, tapi belum ada dari Indonesia. "Baik dari BBC dan CNN belum ada pulikasi tentang Indonesia. Saya akan sarankan supaya Kementerian pariwisata India membuat iklan untuk wisata ke Indonesia karena negara ini tempatnya bagus," tambahnya.

 

"Jadi sekarang dengan Tata Motor buka di Indonesia saya bisa mengajak teman-teman di India untuk datang ke Indonesia," tutup Biswadev.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini