Share

14 Perintah di Buku Manual yang Bikin Tersenyum

Febri Ardani, Okezone · Rabu 03 April 2013 15:58 WIB
https: img.okezone.com content 2013 04 03 52 785718 fvKngX41tw.jpg F: Nissan Juke Nismo (Inautonews)

GUNA kepentingan pelanggan, biasanya pada pembelian pertama dari diler resmi pasti diikutsertakan sebuah buku manual yang bisa menjelaskan secara detail tentang kondisi mobil.
 

Tidak heran juga bila para konsumen banyak yang tidak meluangkan waktu untuk membaca buku manual, pasalnya buku ini memang sering kali tebal dan padat tulisan. Tapi jika sempat, bisa saja kita menemukan sesuatu yang lucu atau sekedar membuat kita tersenyum.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Seperti dikutip Pupular Mechanics, ada 14 hal lucu yang ditemukan di buku manual beragam mobil dari berbagai merek. Penasaran, silahkan tuntaskan artikel di bawah ini.

 

2013 Toyota Prius V, halaman 35: “Jangan buang kendaraan anda sendiri.”

 

2007 Mazda RX-8, halaman 2-9: “Sabuk pengaman pengemudi tidak memiliki ketentuan sistem menjaga anak-anak dan hanya memiliki satu modus penguncian darurat.”

 

2007 Mazda RX-8, halaman 6-50: “Jangan pernah menaruh cairan panas pada cup holder saat mobil sedang bergerak.”

 

2012 Nissan Juke, halaman 1-4: “Jangan lipat kursi belakang saat ada penumpang atau objek lain.”

 

2012 Nissan Juke, halaman 3-7, 3-17: “Jangan menyalakan mesin saat anda dalam pesawat.”

 

2011 Mercedes-Benz GLK, halaman 160: “Berhati-hatilah untuk tidak parkir di padang rumput kering atau ladang gandum yang telah dipanen."

 

2011 Mercedes-Benz GLK, halaman 25: “Jika Anda menonaktifkan kunci kontak saat mengemudi, fungsi fitur keselamatan yang relevan hanya tersedia terbatas atau tidak sama sekali. Jangan mematikan mesin mobil saat mengemudi.”

 

1990 Lexus LS400, halaman 202: “Jika air wiper kaca depan tidak bekerja, tangki wiper mungkin kosong. Tambahkan cairan khusus pembersih kaca.”

 

1968 Ford Mustang, Emergency flasher switch: “Hal penting untuk menekan saklar pada posisi ALL THE WAY IN atau ALL THE WAY OUT. Posisi diantaranya dapat menyebabkan gagalnya operasi aksesoris lainnya.

 

2002 Mini Cooper (buku manual tahun 2002 belum resmi), halaman 2: “Buku manual ini tidak dimaksudkan untuk membuat anda mengerti pengoperasian dan perawatan mobil. Sebaliknya, buku manual ini dimaksudkan untuk menyediakan informasi berguna. Daripada anda akan menemukannya sendiri beberapa bulan kemudian dalam pengoperasian standar mengemudi. Informasi ini dikumpulkan dengan susah payah dari pengoperasian kendaraan selama berjam-jam.”

 

2002 Mini Cooper, halaman 12: Lampu halogen MINI anda terintegrasi dengan kap mesin. Jika kap mesin terangkat begitu juga dengan lampu besar. Fitur berguna bisa digunakan untuk menarik perhatian laron, memainkan Romeo & Juliet, menerangi pesta malam, dan mencari tetangga anda yang seksi.

 

Saat anda putus asa dan berada di antah berantah, atau hanya sekedar bosan di rumah, arahkan lampu besar anda ke atas layaknya premier film Hollywood dengan gerakan mengayun dan biarkan pesta (mengunjungi atau sebaliknya) menemukan anda.

 

2009 Saab 9-3, halaman 13: “Hanya satu orang untuk satu sabuk pengaman!”

 

2009 Saab 9-3, halaman 62: “Jangan mengoperasikan soft top saat temperatur dibawah -5 derajat celcius. Jangan pernah memasang Roof racks atau pegangan ski di soft top.”

 

2013 Chevrolet Volt, halaman 9-19: “Dapat menjadi berbahaya meninggalkan kendaraan saat mesin masih dalam keadaan menyala, karena dapat menyebabkan mesin kepanasan dan terbakar. Berbahaya untuk keluar dari mobil saat pedal transmisi tidak sepenuhnya berada dalam posisi P (Park) dan rem parkir telah ditarik. Mobil dapat berjalan sendiri. Jangan pernah meningggalkan mobil saat mesin masih menyala.

 

Jika anda membiarkan mesin tetap menyala, mobil dapat berjalan dengan tiba-tiba. Untuk memastikan mobil tidak akan bergerak, bahkan saat permukaan jalan rata, selalu pasang rem parkir dan pindahkan tuas transmisi ke posisi P (Park). Lihat penggantian gigi di halaman 9-19.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini