Share

Membelah Merapi dengan Yamaha X-Ride (II)

Arief Aszhari, Okezone · Jum'at 29 Maret 2013 13:25 WIB
https: img.okezone.com content 2013 03 29 423 783358 h1HCevjH6K.jpg F: tes ride Yamaha X-Ride (Arief A/Okezone)

YOGYAKARTA- Yamaha X-Ride menjadi senjata terbaru Yamaha Indonesia untuk bertarung di segmen skutik. Yamaha X-Ride ini merupakan varian yang akan merambah pasar terbaru di Indonesia yaitu matik crossover.

Dalam pengujian Yamaha X-Ride, peserta test ride diberikan kesempatan untuk menguji ketangguhan varian terbaru Yamaha ini menaklukan medan-medan berat Gunung Merapi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Jalur pertama pengujian menuju Tugu Ambruk, Desa Petung Kepuharjo memang tidak terlalu ekstrim, namun pada etape kedua menuju Kali Gendol dan Batu Alien baru Yamaha X-Ride ini benar-benar diuji ketangguhannya.

Pada etape kedua ini jalan-jalan setapak, menanjak, menurun, berpasir, berbatu, dan jalanan curam, siap ditaklukan oleh Yamaha X-Ride ini.

Dengan suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang unit swing, suspensi tunggal serta ground clearance yang lebih tinggi 2,2 cm dari matic biasa. Ini menjadikan Yamaha X-Ride ini tidak mengalami kesulitan untuk menaklukan jalan-jalan ekstrim tersebut.

Dengan diameter shock breaker bertipe twintube yang lebih besar dan panjang memang sangat memaksimalkan peredaman saat motor ini melewati jalur-jalur berat bebatuan ataupun jalan pasir menanjak.

"Shock breaker yang sudah menggunakan tipe twintube ini memang sangat membantu peredaman saat motor melewati jalan-jalan ekstrim, rekan-rekan media bisa merasakannya sendiri kan,"Jelas M Abidin, General Manager Service dan Motor Sport PT YIMM.

Abidin melanjutkan, shock breaker ini terdapat dua lapisan, di dalam dan diluar, tidak seperti shock-shock pada umumnya. Jadi saat motor ini melewati jalan-jalan terjal dan bebatuan daya redamnya bisa dimaksimalkan.

Yamaha X-Ride ini juga dilengkapi dengan handle bar yang lebar seperti motor-motor penjelajah lainnya dan juga diameter cakram yang lebih lebar 3 cm. Keuntungannya, pengereman lebih responsif.

Pilihan Yamaha X-Ride bermain di segmen matic crossover cukup mumpuni. Namun jika para peminat yang memang ingin membeli Yamaha X-Ride ini untuk digunakan menaklukan jalan-jalan ekstrim harus mengganti ban standart X-Ride ini dengan ban tipe trail.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini