Share

Motor Jepang Lebih Awet Dibanding Buatan Negara Lain

Febri Ardani, Okezone · Kamis 28 Maret 2013 15:25 WIB
https: img.okezone.com content 2013 03 28 53 782966 bvhFkNZVjx.jpg F: Yamaha YZF-R250 (cycleworld)

NEW YORK - Sebuah jajak pendapat telah dilakukan oleh Consumer Reports National Research Center kepada 4.000 pemilik sepeda motor. Hasil yang didapat mengatakan, bahwa motor buatan Jepang lebih awet dari motor buatan negara lainnya.

 

Secara mengejutkan data yang terhimpun menyatakan bahwa satu dari tiga pemilik sepeda motor BMW mengalami kerusakan besar pada tunggangannya. Pemilik sepeda motor Harley-Davidson, tercatat hanya satu dari empat orang yang mengalaminya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Seperti diberitakan autoevolution (28/3/13), diantara sepeda motor pabrikan Jepang, hanya satu dari 10 pemilik Yamaha yang mengalami masalah ini, diikuti dengan Kawasaki dan Honda.

 

Hampir 75 persen dari laporan kerusakaan tersebut membuat setiap pemilik setidaknya mengeluarkan biaya minimal sebesar USD200 atau sekitar Rp2 juta. Menurut keterangan yang di dapat kerusakan ini meliputi bohlam, instrumen, saklar, rem, sistem elektronik, dan saluran bahan bakar.

 

Dari sisi yang lain, jajak pendapat ini juga menunjukan bahwa pemilik BMW dan Harley-Davidson punya kecintaan lebih dengan tunggangannya. 74 persen pemilik BMW dan 75 persen pemilik Harley-Davidson punya rasa keinginan untuk membeli motor yang sama lagi, walaupun menyadari masalah keawetan seperti yang dijelaskan di atas. Dari faktor respek ini juga, Honda memiliki nilai 72 persen, kemudian diikuti Yamaha dan Kawasaki.

 

Jajak pendapat ini juga mengungkapkan hal positif dari sepeda motor BMW, peningkatan keamanan secara signifikan didapat dari sistem ABS dan kehadiran sistem anti-lock. Dengan fitur ini mengurangi potensi kecelakaan fatal sebanyak 37 persen.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini