Share

Jelajah Surabaya-Madura dengan Toyota Etios Valco (III)

Azwar Ferdian, Okezone · Senin 25 Maret 2013 14:29 WIB
https: img.okezone.com content 2013 03 25 423 781060 nVhsLfz3A2.jpg F: Toyota Etios Valco

SURABAYA- Puas menjadi penumpang, kini saatnya menjajal langsung performa dari mesin Toyota Etios Valco ini dengan menjadi pengemudi.
 

Sekedar mengingatkan, Toyota Etios Valco hanya memiliki varian dengan transmisi manual, atau tanpa model transmisi otomatis. Keputusan ini memang cukup berani, mengingat lawan Etios Valco di segme citycar hatchback low end, rata-rata memiliki model transmisi matik.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Jarak antara tuas rem dan kopling rasanya terlalu dekat. Kaki seakan menempel bila harus mengunjak rem dan kopling saat bersamaan. Rekan media yang berada di mobil yang sama dengan Okezone juga mengungkapkan hal yang sama.

 

Raungan dari kap mesin masih dalam tahap sopan masuk ke dalam kabin. Kopling memang cukup lembut dan rasanya cocok bila harus berada di situasi lalu lintas yang macet seperti di Jakarta atau Surabaya.

 

Toyota Etios Valco menggendong mesin berkapasitas 1,2 liter, empat silinder. Mesin yang mampu dilontarkan mencapai 80 HP pada putaran mesin 5.600 RPM. Torsi puncak mencapai 10,6 kgm pada 3.100 RPM. Mesin dikawinkan dengan transmisi manual lima percepatan.

 

Saat berkeliling kota Surabaya, sulit memang mencari kecepatan terbaik dari Etios Valco, maklum kondisi lalu-lintas Surabaya cukup padat di akhir pekan. Tapi, dengan bodi yang sebesar Yaris, memudahkan pengemudi untuk meliuk di antara kendaraan lain. Ada sedikit sisi blind-spot saat melibas tikungan.

 

Beruntung sesi test drive ini menuju pulau Madura. Benar saja, saat melibas jembatan Suramadu yang membentang di selat Madura, para penguji langsung memanfaatkannya buat memacu mobil. Hasilnya dengan 80 HP, kecepatan kendaraan bisa mencapai lebih dari 120 km/jam. Manuver dengan kecepatan tinggi juga terasa nikmat, dengan bantingan yang lembut.

 

Yang paling istimewa dari Etios Valco adalah sistem pengereman. Keputusan Toyota membenamkan sistem ABS (Anti-Lock Braking System) patut diacungi jempol. Pengereman lebih presisi tanpa khawatir roda terkunci.

 

Hujan deras sempat mengguyur kota Surabaya. Sayang plat atas Etios Valco rasanya tidak terlalu tebal. Suara hujan cukup mengganggu masuk ke dalam kabin.

 

Kesimpulan yang didapat, Toyota Etios Valco cukup mumpuni sebagai kendaraan harian di dalam kota, meski tanpa dilengkapi transmisi matik. Dengan kisaran harga Rp130 sampai Rp160 jutaan, Etios Valco bisa menjadi opsi baru bagi Anda yang berminat mencari mobil city car hatchback.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini