Share

Interior Toyota Etios Valco yang Sederhana

Azwar Ferdian, Okezone · Senin 25 Maret 2013 11:23 WIB
https: img.okezone.com content 2013 03 25 423 780917 E0TIC4PhnE.jpg F: Dashboard Toyota Etios Valco

SURABAYA- Sederhana. Kata itulah yang terlintas pada kesan pertama saat duduk di kursi depan Toyota Etios Valco. Kesederhanaan tanpa meninggalkan kesan fungsional coba ditawarkan Toyota Astra Motor (TAM) pada varian city car hatchback low end ini.

Kesan simple sudah terlihat dari sisi dashboard serta panel instrument Etios Valco. Material plastik mendomonasi dashboard, dengan panel instrument di bagian tengah. Ada satu ruang kompartemen di sisi sebelah kiri, untuk menempatkan barang-barang kecil.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ada empat titik AC yang terletak di dashboard depan, dua titik di tengah dengan berposisi di atas bawah, dan dua titik masing-masing di depan penumpang depan dan pengemudi.

Etios Valco tipe E dan G sudah mengadopsi kontrol audio di batang kemudi, untuk memudahkan pengendara. Batang kemudi palang terlihat cukup sporty. Sistem Audio yang bisa terintegrasi dengan USB, CD dan radio. Ada empat speaker yang tersedia, di dashboard dan di doortrim.

Indikator di panel instrumen juga dibuat dengan sederhana. Masih menggunakan model jarum baik di odometer maupun speedometer. Terlihat angka-angka penunjuk di panel instrumen menggunakan stiker. Penunjuk kapasitas BBM sudah menggunakan digital dengan model per bar (balok).

Poin plus ada di sektor jok depan. Jok dilapis kain dengan busa cukup lembut. Modelnya semi sporty dengan ukuran jok yang cukup luas untuk ukuran bodi orang Indonesia. Posisi punggung juga bisa disangga dengan nyaman di jok ini.

Kaca spion model G dan E ini juga sudah bisa diatur secara elektrik dengan tombol yang ada di sebelah pojok kanan. Doortrim sudah dilengkapi dengan tempat menaruh botol dan gelas (cup holder), serta kompartemen kecil di bagian tengah.

Pindah ke sektor penumpang, kabin belakang dengan ruang kaki cukup luas. Jok sudah tersedia dua titik sabuk pengaman. Posisi jok rasanya masih terlalu tegak, tapi dengan busa yang sama seperti di jok depan. Door trim tanpa audio, tapi sudah dilengkapi dengan cup holder.

Hembusan AC terasa hingga kabin belakang, sayang suara audio yang hanya ada di bagian depan, rasanya tidak terlalu jelas sampai ke belakang, terlebih bila berada di kecepatan tinggi. Tingkat noise yang masuk ke dalam kabin memang masih bisa ditoleransi telinga, hanya saja mengurangi kenikmatan penumpang bila mendengarkan musik.

Bagasi terbilang cukup luas. Okezone mengujinya dengan memasukan tiga buah tas berukuran cukup besar. Bila masih ingin lebih luas, jok belakang bisa dilipat untuk menambah kapasitas kargo.

Kesimpulannya, kabin Toyota Etios Valco tipe G dan E ini menawarkan sebuah kesederhanaan, tanpa meninggalkan fungsionalitas kabin. Sebagai kendaraan di segmen city car, Etios Valco bisa mengakomodir kebutuhan pengendara yang membutuhkan mobil untuk aktivitas harian.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini