Share

Intip Jalur Produksi Chevrolet Spin di Bekasi

Arief Aszhari, Okezone · Selasa 19 Februari 2013 13:47 WIB
https: img.okezone.com content 2013 02 19 52 764037 SsrgScieEU.jpg F: Pabrik GM Indonesia di Bekasi (Arief A/Okezone)

JAKARTA- General Motors (GM) Indonesia Manufacturing memperkenalkan pabrik General Motor di Bekasi, Jawa Barat. Nantinya, pabrik perakitan di Pondok Ungu ini akan dipergunakan buat produksi varian MPV, Chevrolet Spin.
 

President GM Asia Tenggara Martin Apfel menjelaskan, pabrik General Motors di Indonesia ini menghabiskan dana investasi sebesar USD150 juta. Pabrik perakitan ini memiliki kapasitas produksi sebesar 40 ribu unit Chevrolet Spin setiap tahunnya.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Pabrik ini menghabiskan dana sebesar USD150 juta. Fasilitas perakitan ini sendiri siap memproduksi sekira 40 ribu unit Chevrolet Spin setiap tahunnya," Jelas Martin Apfel saat pembukaan perkenalan pabrik GM di Pondok Ungu, Bekasi Jawa Barat.

 

Semua proses produksi Chevrolet Spin di Pabrik Manufacturing Bekasi, Jawa Barat. Dimulai dari Press Shop, dimana lembaran baja dalam gulungan besar akan dikirim dan dipotong sesuai dengan ukuran. Setelah itu, bahan dibentuk dan dimasukan ke dalam mesin press untuk membuat bagian pintu mobil, atap, dan hood.

 

Lalu Body Shop, di sinilah proses perakitan lebih dari 500 komponen. Disatukan menjadi satu body lengkap (body in white). Melalui metode spot welding dan body fit (pengaturan gap dan flushness). Dilanjutkan proses spot welding membentuk dan merakit menjadi body white yang lengkap dengan akuransi dimensi yang tinggi. Body shop terbagi menjadi tiga bagian utama.

 

Diteruskan ke Paint Shop. Body in white akan melalui proses pre treatment dan Elpo pembentukan lapisan tahan karat, pengeringan dengan oven, sealing, dan under body coat (untuk peredam suara, getaran, dan bahan karat). Pengeringan dengan oven kemudian pengecatan akhir top coat, pengeringan dengan oven kualitas pengecetan yang tinggi.

 

Setelah proses selesai, body melewati final insepction untuk pemeriksaan akhir sebelum body masuk General Assembly Line Lebih dari 1.000 bagian digunakan untuk melengkapi bagian akhir dari Chevrolet Spin.

 

Pengecekan kualitas, dimulai proses pemeriksaan ketat dari 1.500 sampai 2.000 titik. Contohnya memastikan rem, wiper kaca depan lampu dan lainnya bekerja maksimal.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini