Share

Pertolongan Pertama Mobil Terendam Banjir

Azwar Ferdian, Okezone · Jum'at 18 Januari 2013 13:40 WIB
https: img.okezone.com content 2013 01 18 52 748189 Ylvz1YuKRh.jpg F: Banjir di ruas jalan Jakarta (Okezone)

JAKARTA- Sejak kemarin hampir sebagian jalanna di Jakarta terendam banjir. Bahkan sudah tidak bisa ditembus oleh kendaraan roda empat, apalagi roda dua. Banyak mobil yang nekat melewati genangan air tapi akhirnya mogok.
 

Lalu bagaimana pertolongan pertama bila mobil mogok saat melewati banjir. Auto2000 membagi tips pertolongan pertama saat mobil mogok karena banjir. Simak tips berikut:

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Pertama, segera lepaskan kabel negatif pada accu (aki). Ini bertujuan untuk menghindari hubungan arus pendek (korsleting) dari arus listrik yang dapat merusak komponen elektronik di dalamnya.

 

Kedua, jika memungkinkan untuk memindahkan mobil, lakukan dengan cara mendorong. Jangan coba untuk menyalakan mesin karena dapat menyebabkan air banjir akan terhisap masuk ke dalam mesin.

 

Ketiga, segera non aktifkan rem parkir lalu gunakan batu atau masukkan persnelling ke gigi 1(pada transmisi manual) atau posisi P (transmisi matic). Ini untuk menghindari kanvas rem melekat, terutama pada mobil yang masih menggunakan rem tromol.

 

Keempat, cek semua oli atau pun minyak, baik itu mesin, transmisi, dan lainnya karena kemungkinan oli atau minyak tersebut sudah tercampur air. Sebaiknya kuras semua oli atau minyak tersebut dengan yang baru.

 

Kelima, apabila kendaraan masih memungkinkan untuk dikendarai, silahkan segera dibawa ke dealer resmi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Karena kendaraan yang sudah menggunakan ECU sangat sensitif dan kemungkinan mengalami kerusakan akibat telah terendam banjir.

 

Kondisi kendaraan yang telah terendam banjir pastinya akan mengalami kerusakan, tapi dengan tips tersebut, kondisi mobil bissa lebih baik dan terhindar dari kerusakan secara total sehingga tidak mengalami kerugian yang sangat banyak.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini