Share

Mogok kena Banjir, Komponen Safety Wajib Diganti

Azwar Ferdian, Okezone · Kamis 17 Januari 2013 17:08 WIB
https: img.okezone.com content 2013 01 17 52 747813 JP2rwonU5A.jpg F: Banjir di ruas jalan Jakarta (Fitra/Okezone)

JAKARTA- Bila mobil mogok karena terendam banjir, ada beberapa komponen yang diwajibkan untuk diganti, bukan hanya diperbaiki.
 

Seperti dijelaskan Kepala Bengkel Plaza Toyota, Parman Suanda, ada komponen yang sebaiknya dilakukan penggantian dan bukan hanya di service. Pasalnya, ini terkait dengan keselamatan berkendara.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Ada beberapa bagian seperti komponen rem ABS (Anti-lock Braking System), TCR (Traction Control), airbag, cruise control dan pre loader. Itu adalah alat penunjang keselamatan yang harus diganti," jelas Parman Suanda saat berbincang dengan Okezone.

 

Parman menjelaskan semua peralatan keselamatan tersebut harus dilakukan penggantian komponen bukan perbaikan komponen, bila memang rusak karena banjir.

 

Bila komponen tersebut tidak tersedia, maka item tersebut harus dinon-aktifkan. Ini untuk mencegah komponen berfungsi secara tiba-tiba. Contohnya airbag mengembang karena sistemnya tidak berfungsi secara sempurna.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini