Share

Ini Mobil yang Unjuk Gigi di Detroit Auto Show 2013

Azwar Ferdian, Okezone · Senin 14 Januari 2013 10:24 WIB
https: img.okezone.com content 2013 01 14 52 745720 o70cFqrJcS.jpg F: Detroit Auto Show 2013 (motorauthority)

DETROIT – Salah satu pameran automotif terbesar di dunia, Detroit Auto Show 2013 resmi dihelat hari ini, Senin (14/1/2013). Deretan mobil-mobil anyar baik yang siap diproduksi atau masih berstatus konsep akan hadir di ajang ini.

Hampir semua pabrikan besar juga ambil bagian pada pameran yang bernama resmi North American International Auto Show (NAIAS) 2013 ini. Mulai dari merek raksasa Amerika Serikat sebagai tuan rumah, lalu pabrikan raksasa Jepang dan juga Eropa.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Lalu, model apa sajakah yang ambil bagian di Detroit Auto Show 2013, berikut rangkumannya:

Acura

Divisi mobil mewah Honda khusus AS, Acura, akan menghadirkan konsep SUV MDX. Mobil sport utility vehicle tujuh penumpang ini dihadirkan untuk melawan BMW X5 dan Mercedes ML. Acura MDX akan ekspansi ke Rusia dan Timur Tengah.

Audi

Audi SQ5 unjuk gigi perdana dengan mesin bensin V6 supercharged 3,0 liter. Siap dipasarkan di Amerika, Rusia dan China.

Selain itu ada juga new Audi RS6 yang membuka debut di Detroit. Lebih ringan, bertenaga dan efisiensi bahan bakar tinggi. Audi RS6 mampu menyemburkan daya 552 tenaga kuda dari mesin V8 twin-turbo. Mampu mencatat akselerasi dari 0-100 km/jam 3,9 detik. Audi RS6 mulai dijual Juli mendatang.

Mobil berperforma tinggi lainnya yang dibawa Audi adalah R8 V10 Plus. Berada di kasta tertinggi dalam line-up R8. Fitur Plus yang direvisi adalah suspensi geometry dan rem carbon-ceramic sebagai penunjang kecepatan tinggi.

Sedangkan varian paling dinanti di AS adalah Audi RS5 Cabriolet. Mengusung mesin yang sama dengan model Coupe, V8 berkapasitas 4,2 liter. Audi RS5 Cabriolet memiliki daya 444 tenaga kuda dengan akselerasi 0-100 km/jam 4,9 detik.

Bentley

Bentley akan memamerkan mobil convertible empat kursi tercepat di dunia, Bentley Continental GT Speed Convertible. Top speed yang mampu dicapai 325 km/jam, dimana new GT Speed ini 11 km/jam lebih cepat dari model lawas.

BMW

BMW Z4 roadster facelift akan menjadi permulaan buat BMW di NAIAS 2013. Dihadirkan lengkap dari model new entry 2,0 liter mesin bensin. Berdaya 154 tenaga kuda, dengan catatan akselerasi 0-100 km/jam yang mampu diraih Z4 yakni 7,9 detik.

BMW M6 GranCoupe dengan konfifurasi mesin V8 4,4 liter twin-turbo berdaya 552 tenaga kuda. Debutnya dilakukan di Detroit, dan GranCoupe ini akan mulai dijual pada April mendatang.

BMW 4-series sebagai mobil konsep yang dihadirkan di NAIAS 2013. Lalu ada SUV BMW X4, yang berbasis dari model crossover X3.

Cadillac

Model hybrid dihadirkan Cadillac pada model ELR range-extender. Punya konfigurasi mesin yang mirip dengan Vauxhall Ampera. Mesin bensin empat silinder dipadukan dengan motor elektrik dan paket baterai lithium.

Dodge

Dodge’s Alfa Giulietta adalah andalan Dodge di ajang ini. Alfa Giulietta adalah versi paling top dari Dart GT. Memiliki daya mesin 184 tenaga kuda dari mesin 2,4 liter, dengan perubahan di sistem suspensi.

GM

General Motors memberikan kejutan dengan menghadirkan versi terbaru GMC Sierra dan Chevrolet Silverado. Perubahan ada pada pemakaian transmisi otomatis enam percepatan dan silinder deactivation pada mobil dengan mesin V8 dan V8 ini.

New Corvette C7 juga akan melakukan debutnya di Detroit. Hadir sebagai muscle car klasik, new Corvette ditawarkan dengan penurunan di kapasitas mesin, termasuk penggunaan turbocharged V6.

Honda

Honda menghadirkan model konsep yang dinamai Urban SUV. Berdesain sebagai baby off-roader dengan basis platform milik Honda Jazz. Hadir dalam tiga tahun kedepan, akan menjadi pesaing serius buat Nissan Juke dan Vauxhall Mokka.

Hyundai

Hyundai HCD-14 Concept adalah model konsep yang ditampilkan pabrikan asal Korea Selatan tersebut. Model mewah dari Hyundai dengan desain futuristik yang memiliki kontrol di layar sentuh.

Infiniti

Versi produksi dari new Q50 (sebelumnya G series) ditawarkan Infiniti di ajang ini. Desain terpengaruh dari model konsep Emerg_e. Tersedia dalam mesin bensin dan diesel yang lebih efisien.

Jeep

Jeep Grand Cherokee facelift mengawali debut di Detroit. Hadir dengan material yang lebih berkualitas. Dihadirkan di AS dengan model diesel, dengan gearbox baru delapan percepatan otomatis, menggantikan transmisi lawas lima dan enam percepatan.

KIA

Versi revisi dari KIA K7 saloon, Kia Cadenza akan menghentak pasar AS. Lebih panjang dan langsing dibandingkan BMW 5-series, Cadenza akan menjadi rival di segmen sedan saloon yang ditempati Acura RL dan Toyota Avalon.

Lexus

Varian baru Lexus IS akan pertama kali pamer diri di sini. Mirip dengan model konsep LFCC, IS juga dihadirkan dengan mesin diesel dan hybrid.

Lincoln

Mobil mewah asal AS, Lincoln, menyapa Detroit dengan konsep MKZ. Dibangun dengan basis Ford mid-sized, hadir dengan konfigurasi empat kursi yang menawarkan kemewahan berkendara.

Maserati

New Maserati Quattroporte menyapa publik AS sebagai mobil saloon mewah. Bermodalkan mesin Ferrari dengan turbo, dengan desain yang lebih menawan.

Mercedes-Benz

Mercedes-Benz memberikan penyegaran pada model E-class, termasuk varian coupe, cabriolet dan juga dilengkapi dengan versi AMG performance. Mercedes akan membuat sejarah baru dengan menawarkan E-Class buat konsumen muda usia.

MINI

Mini Paceman coupe-crossover sebagai varian yang dirancang dari model Mini Paceman JCW. Menggunakan mesin 1,6- iter turbocharged dengan daya 215 tenaga kuda. Diprediksi menjadi hatchback yang diincar konsumen, dengan performa tinggi dan berbodi besar.

Nissan

New Nissan Leaf diperbarui di ajang Detroit Motor Show 2013 ini. Leaf 2013 memiliki kelebihan seperti pengisian ulang baterai yang lebih cepat dan perubahan di standar keamanan mobil.

Toyota

Raksasa asal Jepang, memilih dengan model konsep Toyota Furia, sebagai andalan di Detroit Motor Show 2013. Mengambil desain dari Corolla, dan akan mulai diproduksi dua tahun kedepan.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini