Share

Kronologi Kecelakaan Dahlan Iskan

Asfi Manar, Sindo TV · Sabtu 05 Januari 2013 18:54 WIB
https: img.okezone.com content 2013 01 05 52 741889 2MG7DmF4gZ.jpg F: Kondisi Tucuxi setelah menabrak tebing (ist)

MAGETAN - Selama melakukan perjalanan dari Solo menuju Magetan, mobil listrik yang dikendarai Menteri BUMN Dahlan Iskan tidak terkendala suatu apapun. Hingga akhirnya sampai di kawasan Tawangmangu yang memiliki kontur menanjak dan turunan.

Jalan yang dilalui relatif bagus dengan kondisi aspal yang mulus. Namun setelah berhasil melewati tanjakan dan menemui turunan mobil melaju cukup cepat.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Merasa kecepatan terus bertambah, Dahlan mencoba untuk berinisiatif menurunkan tempo kecepatan dengan cara menginjak pedal rem. Namun nahas rem Tucuxi tidak berfungsi sempurna.

"Waktu naik dari Solo ke Tawangmangu dan sampai ke puncak saya bangga sekali. Mobil ini luar biasa kemampuannya menanjak. Melebihi mobil biasa. Waktu turun tajam dari Cemorosewu ke Sarangan remnya juga tidak masalah. Begitu melewati penurunan di Plaosan, rem tidak berfungsi. Mobil menggelinding kian cepat," kata Dahlan kepada Koordinator BUMN Care Budi Purnomo Karjodihardjo, Sabtu (5/1/2012).

Guna menghindari kejadian lebih parah dan merugikan pengguna jalan lain, mantan Dirut PLN itu langsung banting setir dan langsung menghantamkannya ke tebing.

Jarak antara titik menabrak dinding tebing hingga mobil berhenti sekira 30 meter. Mobil seharga Rp3 miliar itu berhenti tepat didepan mobil yang sedang parkir. Alhasil bodi bagian depan dan samping kanan rusak berat.

"Saya langsung berpikir akan saya tabrakkan mobil ini ke tebing gunung. Saya tahu resikonya saya bisa mati, tapi itu yang terbaik yg bisa saya lakukan. Braaaaakkkk, mobil hancur, lalu mental nyenggol tiang listrik dan kemudian mengenai mobil Panther yg berhenti dekat situ," urainya.

Menurut saksi mata, mobil Dahlan melaju dengan kecepatan rata-rata 60-70 km per jam.

Meski mobil dalam kondisi rusak parah, Dahlan dan Riki Nelsen yang mendampingi tidak mengalami cidera. Usai kecelakaan, Dahlan melanjutkan perjalan menuju kampung halamannya di Magetan, Jawa Timur.

Saat ini mobil berkelir merah itu telah dievakuasi dan diamankan di Mapolres Magetan.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini