Share
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Mirage Catat 24,20 Km/Liter di Jalan Umum

Septian Pamungkas , Jurnalis-Rabu, 12 Desember 2012 |10:50 WIB
Mitsibishi Mirage (foto: Septian Pamungkas/Okezone)
Mitsibishi Mirage (foto: Septian Pamungkas/Okezone)
A
A
A
DENPASAR- Setelah melakukan adu irit Mitsubishi Mirage di Bridgestone Proving Ground Karawang pada awal bulan ini, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) kembali melakukan acara serupa di kota Bali. Acara ini dilakukan untuk membuktikan efisiensi Mirage dalam "meminum" bahan bakar minyak (BBM).
 
Sewaktu di Karawang, didapatkan angka 27,0 km per liter (kpl) sebagai angka teririt di kelas transmisi manual. Sementara di kelas matik didapatkan angka 25,3 kpl sebagai yang tertinggi.
 
Pada acara yang berlangsung di Bali sangat berbeda dengan di Karawang, pasalnya lomba adu irit ini berlangsung di jalan umum. Peserta harus bisa berkendara secara ekonomis di tengah keramaian kota. Salip menyalip antar sesama penggguna jalan dan banyaknya lampu merah yang dilalui menjadi tantangan tersendiri bagi para peserta.
 
Bertajuk Mirage Eco-Smart Drive-The Reality Challenge, acara ini mengambil start di Hotel Grand Mirage, Benoa menuju Candi Dasa, Gianyar sebagai tujuan etape pertama. Okezone menggunakan Mirage GLS A/T, menempuh jarak 72 km untuk sampai ke lokasi ini.
 
Dalam Multi-Information Display (MID) konsumsi Mirage yang diraih mencapai 19,7 km per liter (kpl). Angka ini didapat dengan berkendara secara efektif. Mobil melaju secara konstan dikecepatan 60 km per jam pada putaran 1.500 rpm serta meminimalisir penggunaan rem. Hal itu yang menjadi salah satu kunci efisiennya kendaraan ini.
 
Pada etape kedua dengan tujuan kembali ke hotel, angka konsumsi BBM yang diraih menurun menjadi 18,1 km/l. Hal ini terjadi karena jalur yang dilalui berbeda dengan rute berangkat serta lalu lintas di Denpasar yang cukup padat.
 
Usai menyentuh garis finish, mobil tiap peserta diukur takaran bensinnya dengan metode full to full. Penghitungan ini dilakukan oleh tim independen yang berasal dari Fakultas Teknik Universitas Indonesia.
 
Hasilnya, Mirage GLS A/T memperoleh angka 17,16 kpl. Angka tersebut sangat baik untuk ukuran mobil matik.
 
Sekadar informasi, raihan konsumsi bahan bakar tertinggi diciptakan oleh Hiroshi Masuoka dengan 24,20 km/liter. Karena legenda reli dakar ini merupakan bagian dari Mitsubishi maka dirinya tidak masuk daftar pemenang.
 
Berikut daftar pemenang Mirage Eco-Smart Drive-The Reality Challenge dengan metode Full to Full dan berdasarkan MID:
 
METODE FULL TO FULL
Kelas Mirage Matic:
Juara 1: mobil 15 - 19,23 kpl
Juara 2: mobil 14 - 17,93 kpl
Juara 3: mobil 8 - 17,75 kpl
 
Kelas Mirage Manual
Juara 1: mobil 9 - 21,93 kpl
Juara 2: mobil 11 - 21,59 kpl
Juara 3: mobil 10 - 20,61 kpl
 
Metode MID
Kelas Mirage Matik
Juara 1: mobil 4 - 18,9 kpl
Juara 2: mobil 7 - 18,8 kpl
Juara 3: mobil 15 - 18,8 kpl
 
Kelas Mirage Manual
Juara 1: mobil 11 - 22,7 kpl
Juara 2: mobil 10 - 22,6 kpl
Juara 3: mobil 9 - 22,2 kpl
Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Berita Terkait
Telusuri berita otomotif lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement