Share

GM Pakai Logam Magnesium, Lebih Ringan dari Aluminium

Azwar Ferdian, Okezone · Kamis 25 Oktober 2012 16:58 WIB
https: img.okezone.com content 2012 10 25 52 709341 f5P1GpaB7q.jpg F: magnesium (inautonews)

DETROIT – Sebuah terobosan bari dikembangkan oleh General Motors, dalam mencetak bodi kendaraan. GM akan menggunakan logam magnesium yang diklaim lebih kuat dan lebih ringan dibandingkan dengan alumunium.
 

Nantinya, logam magnesium ini akan digunakan untuk proses termal yang dibentuk buat body kendaraan. Jika teknologi ini sukses, maka GM akan mampu menciptakan komponen bodi berkekuatan tinggi yang lebih ringan dari aluminium.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Bahan magnesium telah digunakan seagai bahan velg. Dengan metode baru, magnesium bisa dibentuk sesuai kebutuhan bodi mobil. Magnesium ini akan dipanaskan hingga 450 derajat Celsius (842 derajat Fahrenheit), untuk kemudian dibentuk sesuai bagian yang diinginkan.

 

GM menggunakan magnesium untuk menutup dek panel belakang dan hanya berbobot 250 kg. Berat magnesium lebih ringan 1 kg dari panel baja normal. Dengan menggunakan komponen magnesium, maka kendaraan akan lebih ringan.

 

"Setiap gram penurunan bobot kendaraan, bisa berdampak pada peningkatkan ekonomis bahan bakar. Magnesium mampu menggantikan logam berat pada bodi mobil. Tapi tetap kuat untuk memberikan keselamatan dan daya tahan mobil," kata Greg Warden, Direktur Eksekutif GM.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini