Share

Jawa Timur Tulang Punggung Astra Honda Motor

Aditya Maulana, Okezone · Rabu 17 Oktober 2012 11:14 WIB
https: img.okezone.com content 2012 10 17 53 705171 ki3I5ePAeR.jpg F: Produksi Honda BeAT (dok AHM)

JAKARTA – Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mengatakan kalau penjualan sepeda motor secara nasional paling tinggi ada di wilayah Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Sumatera Utara.

 

Pernyataan itu juga dibenarkan oleh Deputi GM Sales Division PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya, yang mengatakan penjualan sepeda motor terbesar berada di Jawa Timur dan Jawa Barat.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

“Dalam tiga hingga lima tahun ke belakang yang terjadi di Honda juga seperti itu. Penjualan paling besar disumbangkan oleh Jawa Timur dan Jawa Barat,” kata Thomas saat berbincang dengan Okezone, Rabu (17/10/2012).

 

Ketika ditanya, apa yang mendasari itu semua, Thomas membeberkan, dari segi pendapatan dan pertumbuhan penduduk di Jawa Timur cenderung lebih tinggi dibanding Jawa Barat dan DKI Jakarta. Terutama pada masa-masa panen raya, penjualan sepeda motor meningkat tajam.

 

“Sebenarnya tidak ada sirklusnya seperti apa. Tapi kenyataannya memang seperti itu,” imbuhnya.

 

Menurut Thomas, selain Jawa Timur, Jawa Barat juga memiliki peluang yang besar untuk menggeser Jawa Timur. Tapi untuk DKI Jakarta sepertinya agak sulit. Karena Thomas melihat populasi sepeda motor di Jakarta itu berasal dari daerah seperti Depok, Tangerang, Bekasi dan Bogor.

 

“Kalau dilihat secara kasat mata memang di Jakarta paling banyak. Tapi itu semua berasal dari daerah Jakarta coret (daerah pinggiran Jakarta),” tutupnya sambil tertawa.

(adt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini