Share

Honda BeAT Injeksi Tambah Lincah!

Septian Pamungkas, Okezone · Jum'at 12 Oktober 2012 07:28 WIB
https: img.okezone.com content 2012 10 11 423 702678 1OoslS60Wz.jpg F: All New Honda BeAT- FI (Septian P / Okezone)

JAKARTA - Usai prosesi peluncuran All New Honda BeAT- FI di Hall Senayan City, awak jurnalis termasuk Okezone berkesempatan untuk menjajal langsung skutik anyar itu di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Kamis (11/10/2012).

Dalam pengujian kali ini, Okezone melahap tiga putaran di trek dadakan yang telah disiapkan. Dalam "sirkuit" buatan ini, panitia merancangnya dengan cukup baik. Tidak hanya jalan dengan aspal mulus tetapi terdapat pula kondisi jalan rusak untuk menguji kemampuan suspensi skutik terlaris di Indonesia itu.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Saat pertama duduk di BeAT- FI non-CBS posisi berkendara motor ini cukup nyaman. Dengan tinggi 175 cm saya cukup mudah untuk menjangkau permukaan tanah. Ruang kaki yang lebih luas memudahkan saya untuk mendapatkan posisi berkendara yang ideal.

Saat pertama kali motor dihidupkan, suara BeAT- FI lebih halus dari model sebelumnya. Akselerasi awal skutik anyar ini pun lebih agresif. Hal itu juga terasa kala saat keluar tikungan dan langsung membuka penuh throttle.

All New BeAT- FI dibekali mesin 4-langkah OHC berpendingin udara berkapasitas 108cc yang telah disematkan teknologi injeksi (PGM-FI). Mesin ini sanggup menggelontorkan tenaga 6,27 kW pada putaran 8.000 rpm dan torsi puncak 8,68 Nm pada 6.500 rpm.

Konsumsi bahan bakar BeAT- FI diklaim mencapai 58,0 kpl berdasarkan metode pengujian ECE R40. Sementara model sebelumnya hanya mencapai 44,7 kpl. Artinya BeAT baru ini lebih lemat 30 persen.

Honda BeAT dikenal lincah saat bermanuver. Namun All New BeAT- FI ini terasa lebih lincah dari generasi sebelumnya. Itu dibuktikan saat melewati rintangan zig-zag alias slalom. BeAT- FI sangat lincah saat ditekuk melewati lima kun yang berjejer rapih.

Dengan berat kosong 93 kg, skutik andalan Honda ini sangat mudah dikendalikan. Selain mudah untuk diajak slalom, BeAT-FI juga stabil ditikungan.

Namun busa jok yang sedikit terasa kaku menjadi poin minus bagi skutik yang telah terjual sebanyak 3,5 juta sejak 2008 lalu itu. Dikhawatirkan dengan busa jok yang agak keras ini pengendara akan gampang merasa kelelahan terlebih saat digunakan saat bepergian jarak jauh.

Honda BeAT PGM-FI ditawarkan dengan harga Rp12,9 juta atau lebih mahal Rp250 ribu dari model sebelumnya. Selain itu, Honda juga melansir BeAT PGM-FI dengan fitur CBS (Combi Brake Syatem) seperti yang dimiliki Vario Techno CBS. Model ini dilepas dengan harga Rp13,5 juta.

All New BeAT- FI memiliki dimensi yang sama persis dengan model sebelumnya dengan panjang 1.863 mm lebar 675 mm dan tinggi 1.072 mm. Terdapat beberapa pilihan warna menarik pada skutik anyar ini di antaranya Techno White, Hard Rock Black, Electro Red, Trance Blue, Samba Orange, Disco Green.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini