Share

Honda CRF450 buat Reli Dakar

Azwar Ferdian, Okezone · Rabu 03 Oktober 2012 09:12 WIB
https: img.okezone.com content 2012 10 03 53 698389 aAOy95kuZS.jpg F: Honda CRF450 Rally (motorcycle)

COLOGNE – Honda meluncurkan varian sport CRF450 Rally di ajang Intermot 2012. Motor ini nantinya akan digunakan buat ambil bagian di ajang reli Dakar 2013.

Kehadiran Honda CRF450 ini sekaliguas menandai kembalinya Honda di balapan Dakar, setelah lebih dari dua dekade. Honda telah berkompetisi sembilan kali sejak 1981 di Rally Paris-Dakar.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Cyril Neveu dari Prancis membawa Honda meraih kemenangan pertama pada 1982. Lalu pada tahun keempat dan 1986-1989, Honda kembali memenangkan empat gelar berturut-turut. Catatan keseluruhannya, Honda mencatat lima kemenangan dalam sembilan kali gelaran.

Honda CRF450 Rally didasarkan pada model komersial Honda CRF450X. Berfitur sistem bahan bakar injeksi, punya tangki bahan bakar tambahan dan juga fairing di sisi bawah. Ada peralatan navigasi di belakang kaca depan.

Menariknya, perangkat navigasi ini bukan GPS, melainkan unit yang dirancang seperti Road Book. Kelebihannya Road Book selain buat membaca jalan. juga bisa mengukur kecepatan motor pembalap lain.

Honda memiliki lima orang dalam satu tim, termasuk juara 11 kali Baja 1000 Johnny Campbell (AS), Helder Rodrigues (Portugal), Felipe Zanol (Brasil), Sam Sunderland (Inggris) dan Javier Pizzolito (Argentina).

Honda CRF450 Rally ini sedang dikembangkan dan melalui pengujian di Jepang. Varian ini akan disertakan dalam ajang reli Maroko pada 14 Oktober mendatang. Keikutsertaan di ajang reli Maroko ini untuk mengumpulkan data, mengidentifikasi masalah pada mesin dalam kondisi balapan yang sebenarnya, sebelum ikut di Dakkar.

Sayangnya, tidak ada berita yang menyebutkan bahwa Honda akan berencana untuk memproduksi massal CRF450 Rally ini.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini