Share

Produksi Esemka Andalkan UKM

Azwar Ferdian, Okezone · Rabu 03 Oktober 2012 10:39 WIB
https: img.okezone.com content 2012 10 03 52 698442 husKdN3LIM.jpg F: Esemka Rajawali (Azwar F/Okezone)

JAKARTA – Mobil rakitan siswa SMK, Esemka, masih terus melaju menantang industri automotif nasional. Usai dinyatakan lulus uji emisi, Esemka Rajawali kini siap masuk ranah produksi.
 

PT Solo Manufaktur Kreasi sempat menyebutkan bahwa pabrik perakitan Esmeka akan dibangun, menyongsong kelulusan uji emisi. Pabrik perakitan mobil Esemka yang rencananya akan dirakit massal di Solo, Jawa Tengah.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Pabrik produksi Esemka sedang kami siapkan, tepatnya di daerah Kentingan, Surakarta. Kami akan menyiapkan lima factory building untuk perakitan Esemka,” jelas Sulistyo Rabono, Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi beberapa waktu lalu.

 

Produksi Esemka ini juga akan mengandalkan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang diberdayakan untuk memproduksi komponen-komponen lokal. Dengan komponen lokal inilah Esemka turut menghidupkan UKM.

 

“Ada 33 titik assembling di seluruh Indonesia dengan mengandalkan UKM yang ikut memproduksi komponen Esemka. Dari 33 UKM tersebut manufacturing akan terpusat di Solo,” terang Kordinator Pembelajaran Industri Kreatif SMKN 2 Surakarta, Dwi Budhi Martono, saat berbincang dengan Okezone, Rabu (3/10/2012).

 

Esemka akan dibantu oleh tenaga-tenaga ahli dari pabrikan mapan Jerman, seperti BMW dan Mercedes-Benz, serta juga dari Korea Selatan dan China. Bantuan tersebut berupa proses pembimbingan dari tahap awal sampai lepas produksi.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini