Share

Jalan Sempit Bukan Masalah buat Mitsubishi Mirage

Septian Pamungkas, Okezone · Rabu 03 Oktober 2012 11:52 WIB
https: img.okezone.com content 2012 10 03 423 698495 pbdzm5je1b.jpg F: Mitsubishi Mirage saat melintasi gang sempit di Pancoran (Septian P / Okezone)

JAKARTA - Kesempatan menjajal Mitsubishi Mirage kembali Okezone dapatkan belum lama ini. Kesempatan pertama, Okezone dapatkan langsung dilakukan di tanah kelahirannya, Thailand. Saat itu dilakukan di Sirkuit Bonanza, Khao Yai, 11 September 2012 lalu.

Pada test drive kali ini, Okezone kembali mendapatkan kesempatan untuk membuktikan kehandalan Mirage dalam menghadapi kondisi jalanan Ibukota yang semrawut dan menyusuri jalan sempit.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Mirage tipe GLX bertransmisi manual lima percepatan menjadi kendaraan test kami selama perjalanan. Mobil mungil seharga Rp139 juta On the Road Jakarta ini dibekali mesin berkode 3A92 1.2 liter tiga silinder DOHC MIVEC bertenaga 77 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 100 Nm pada 4.000rpm.

Mirage memiliki dimensi panjang 3.719 mm, lebar 1.665 mm dan lebar 1.490 mm. Alhasil mobil yang didatangkan secara utuh dari negeri Gajah Putih ini mudah diajak selap-selip di gang sempit. Hal itu dirasakan saat melintasi gang sempit di kawasan Gedung Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan.

Tidak hanya itu, kami juga merasakan kemacetan luar biasa saat di tol dalam kota, namun tenaga yang responsif dan bodi yang ringkas, memudahkan penguji untuk menyalip kendaraan lain.

Dengan bobotnya yang ringan, yaitu 857 kg dan radius putar yang paling kecil dikelasnya, yakni 4,4 meter, Mirage sangat mudah saat melakukan putar balik.

Tidak hanya melintasi jalan dengan aspal mulus, beberapa jalanan dengan kondisi yang rusak pun kami jumpai. Namun suspensi MacPherson Strut coil spring di depan dan torsion beam dengan coil spring di belakang mampu meredamnya dengan baik.

Mirage GLX telah dilengkapi tilt steering, sehingga saya dapat memilih posisi setir sesuai keinginan. Selain itu meter cluster pada mobil ini cukup lengkap. Terdapat layar LCD multi-information display (MID) yang mampu memberikan berbagai informasi standar seperti odometer, trip meter, rata-rata konsumsi bahan bakar dan jarak tempuh yang bisa ditempuh dengan bahan bakar yang tersisa dalam tangki.

Saat berada di posisi penumpang belakang, saya merasa ruang kaki Mirage cukup luas bagi saya yang memiliki tinggi 175 cm. Selain itu jarak antara kepala dengan plafon menyisakan sekira 15cm.

Sekadar informasi, Mitsubishi Mirage GLX-5MT dibanderol dengan harga Rp139 juta, sedangkan tipe GLS-CVT dan Exceed-CVT masing-masing dilepas dengan harga Rp152 juta dan Rp165 juta. Terdapat tujuh warna yang ditawarkan, diantaranya hitam, putih, abu-abu, silver, merah, kuning dan hijau.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini