Share

Suzuki Hargai & Hormati Keputusan Toyota-Daihatsu

Septian Pamungkas, Okezone · Senin 01 Oktober 2012 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2012 10 01 52 697279 o6beDGPGAC.jpg F: Perkenalan Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla (Septian P / Okezone)

JAKARTA - Sehari sebelum berlangsungnya Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012, PT Astra Internasional Tbk bersama PT Toyota Astra Motor dan PT Astra Daihatsu Motor memperkenalkan duet Agya-Ayla. Saat resmi dipamerkan di ajang IIMS, keran inden kedua "mobil murah" ini pun langsung dibuka dan mendapat sambutan luar biasa dari konsumen.

Menariknya regulasi mengenai program Low Cost Green Car (LCGC) yang diusung pemerintah urung diumumkan sehingga kedua pabrikan itu belum dapat mematok harga pada kedua produknya. Namun Toyota dan Daihatsu secara terang-terangan membuka inden, bahkan Daihatsu mematok Rp1 juta sebagai tanda jadi pemesanan Ayla.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Fenomena ini terbilang cukup unik sekaligus menggelikan, pasalnya regulasi belum keluar dan pabrikan lain masih menanti isi regulasi LCGC sementara Toyota dan Daihatsu mulai "memainkannya". Seakan-akan pemerintah didesak untuk segera mengeluarkan aturan main dari LCGC. Lalu bagaimana tanggapan pabrikan lain mengenai situasi ini?

"Kami menghormati keputusan itu, mungkin teman-teman (Toyota-Daihatsu) sudah siap, jadi saya rasa sah-sah saja. Hanya saja saya melihat Pemerintah belum melakukan pengumuman secara resmi, jadi ya kita tunggu dulu." ungkap Endro Nugroho, Direktur Marketing PT Suzuki Indomobil Sales kepada Okezone baru-baru ini.

"Pada prinsipnya kami hargai dan hormati, masing-masing punya cara sendiri atau pada tahapan tertentu sudah merasa yakin dan berani menampilkannya dan saya tidak masalah," tambah pria ramah tersebut.

Lebih lanjut, Endro menerangkan sampai saat ini timnya masih terus mengembangkan model apa yang akan diikuti sebagai program LCGC. Namun baginya apapun modelnya jika mendapat insentif sdari pemerintah dan dapat dipasarkan dengan harga terjangkau akan dapat dengan mudah diserap pasar.

"Sebenarnya kalau kita berangkat dari sisi pengertian LCGC, dengan harga di bawah 100 juta apapun produknya akan sangat menarik," katanya

Sementara itu, Endro mengaku tidak takut jika produk dari Suzuki nantinya dikatakan mengekor duet Agya-Ayla. "Tergantung dilihat dari sudut pandangnya saja, kita tunggu aturan mainnya selesai saja," tutupnya.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini