Share

Tata Starbus, Bus Ramah Lingkungan

Septian Pamungkas, Okezone · Sabtu 29 September 2012 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2012 09 29 52 696696 4K0MjlxsoC.jpg F: Tata Starbus (ist)

JAKARTA – Pabrikan Tata Motors kian serius jajaki pasar automotif Tanah Air. Hal itu dibuktikan lewat sederet model yang ditampilkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012.

Tidak hanya menampilkan mobil penumpang, pabrikan asal India ini juga menghadirkan bus guna mendukung peningkatan armada transportasi yang nyaman untuk Indonesia. Bus yang diperkenalkan adalah Tata LPO 1623 RE LE CNG Bus (Starbus).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Pada IIMS 2012 ini kami memperkenalkan Tata Starbus demi menunjang transportasi massal Indonesia dan menunjukkan kemampuan Tata Motors memberikan solusi cerdas,” ujar Biswadev Sengupta, Presiden Direktur PT. Tata Motors Indonesia.

Bus ini dapat menjadi solusi sebagai pengganti bus-bus "tua" yang beredar di jalanan Ibukota. Starbus ini dapat menjadi pengganti bus-bus yang kerap mengeluarkan asap hitam pekat dari ujung knalpot yang selama ini menjadi ciri khas transportasi publik di Tanah Air.

Tata Starbus menawarkan sebagai alat transportasi massal yang nyaman, hemat bahan bakar, memiliki sistem keselamatan, dan menggunakan bahan bakar gas (CNG) sehingga ramah lingkungan.

Tata LPO 1623 RE LE CNG Bus (Starbus) memiliki kapasitas 35 tempat duduk dilengkapi Rear Engine Low Entry (RE LE) dengan tinggi lantai 380 mm (lantai rendah).

Bus ini dipersenjatai mesin 6 silinder berkapasitas 5883 cc powerful B Gas Cummins. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 172 KW dan torsi 678 NM plus transmisi otomatis, dan girboks tipe Allison T270R dengan integrated retarder.

Bis ini dilengkapi dengan fitur keselamatan berkendara unik seperti filling receptacle CNG dengan non-return valve, safety cap & limiting switch, serta3-way knob untuk menghentikan gas agar tidak terbuang lewat mesin saat bus diparkir.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini