Share

SPG Truk, Panas Tapi Puas

Azwar Ferdian, Okezone · Kamis 27 September 2012 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2012 09 27 52 695981 yeUPXT1jG3.jpg SPG MAN (foto: Azwar Ferdian/Okezone)

JAKARTA- Ada pemandangan berbeda di hall outdoor Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012, JIExpo, Kemayoran, Jakarta. Di antara besarnya truk-truk yang dipajang, terselip SPG (sales promotion girl) yang setia menyapa pengunjung.

Peran SPG memang tidak bisa dipisahkan pada setiap ajang pameran automotif. Gadis-gadis cantik ini bukan hanya bertindak sebagai pemanis, tapi juga mereka harus paham pengetahuan dasar mengenai kendaraan. Bila ada calon konsumen yang bertanya, SPG akan menjelaskan spek dasar dan harga yang ditawarkan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Seperti pemandangan yang terlihat di booth truk asal Jerman, MAN. Pabrikan ini menawarkan truk-truk besar pada IIMS kali ini. MAN tetap mengandalkan jasa SPG untuk bisa memancing pengunjung untuk datang dan melihat varian yang ditawarkan.

"Sebenarnya ada sisi enak dan gak enaknya juga. Kalau enaknya, di outdoor ini kan tidak terlalu ramai seperti di indoor. Tapi kalau di outdoor panas. Kita harus pakai sunblock, karena cuacanya panas," ungkap Rina, SPG Man Truck saat berbincang ringan dengan Okezone.

Gadis yang masih berusia 19 tahun ini mengaku baru kali ini menjadi SPG di ajang IIMS. "Baru tahun ini ikut IIMS, kalau tahun depan ikut lagi jangan outdorr deh. Indoor saja, yang gak kepanasan," lanjut Rina.

Senada dengan Rina, Eni (24) salah seorang SPG Man Truck juga mengeluh soal panasnya cuaca di outdoor JIEXpo ini. Tapi Eni cukup puas dengan bayarannya yang terbilang tinggi.

"Di MAN kami SPG ikut long shift (pukul 12.00 sampai 21.00). Satu hari kerja dibayar Rp600 ribu. Lumayan juga pendapatannya kalau 10 hari pameran, kita bisa mengantongi Rp6 juta. Tapi ya itu, gak tahan sama cuaca panasnya. Kalau bayarannya ya puas," kelakar gadis yang tinggal di wilayah Sunter, Jakarta Utara ini.

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini