Share

Wapres Minta Produsen Rancang Mobil Gas & Hybrid Murah

Aditya Maulana, Okezone · Jum'at 21 September 2012 11:13 WIB
https: img.okezone.com content 2012 09 21 52 693084 bes0gIcvpH.jpg Boediono (foto: wapresri)

JAKARTA- Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 resmi dibuka Wakil Presden Republik Indonesia, Boediono, Jumat (21/9/2012). Peresmian mundur satu hari dari jadwal sebelumnya, Kamis 20 September, kemarin.

Dalam sambutannya Boediono mengatakan teknologi automotif di Indonesia saat ini sudah semakin berkembang. Kendaraan bahkan sudah bisa tidak lagi terlalu mengandalkan bahan bakar minyak saja. Dengan teknologi yang ada, bahan bakar gas dan hybrid (perpaduan bensin dan listrik) sudah bisa dimanfaatkan oleh produsen.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Pemerintah ingin mendorong pemanfaatan gas di berbagai sektor industri secara umum, termasuk juga industri automotif. Karena gas ini penting sebagai bahan bakar alternatif selain minyak," jelas Boediono saat membuka IIMS 2012, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Ini sangat memungkinkan, oleh sebab itu saya mendorong pada pelaku automotif bisa mempromosikan mobil yang ramah lingkungan," lanjut Boediono

Selain bahan bakar gas, Boediono juga mengharapkan para pelaku industri automotif bisa mengembangkan mobil teknologi hybrid. Namun, hybrid yang dibangun di Indonesia, bisa dijual dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat.

"Mobil hybrid kita harapkan juga bisa dikembangkan. Pemerintah akan serius mengayumi dan mudah-mudahan produsen tidak hanya sekedar merencanakan. Kita harapkan bisa hadir mobil hybrid bukan yang mewah, tapi yang terjangkau oleh rakyat," lanjutnya.

"Marilah kita serius soal ini, termasuk soal pengembangan mobil listrik sebagaiĀ  potensi jangka panjang. Kita bisa lakukan bersama, dan pemerintah akan memberikan dukungan yang wajar. Dengan dukungan tersebut, maka semua pengemabangan teknologi ini akanĀ  berjalan lancar," tutup Boediono.

Setelah meresmikan pembukaan IIMS 2012, Boediono akan berkunjung ke booth-booth peserta IIMS. Berdasarkan pantauan, Boediono menggunakan mobil golf didampingi oleh Ketua Panitia IIMS 2012, Johnny Darmawan.

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini