Share

Menguak Arti Nama Agya dan Ayla

Septian Pamungkas, Okezone · Rabu 19 September 2012 15:36 WIB
https: img.okezone.com content 2012 09 19 424 692152 XOnJjse0wP.jpg F: Astra Toyota Agya (Septian / Okezone)

JAKARTA - PT Astra International Tbk (ASTRA), Toyota Motor Corporation dan Daihatsu Motor Company resmi memperkenalkan mobil hasil Kolaborasi yang dinamakan Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla. Nama Agya dan Ayla ini ternyata diambil dari bahasa Indonesia kuno.

Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Sudirman M Rusdi mengungkapkan nama-nama tersebut diambil untuk memenuhi salah satu syarat LCGC.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Dalam peraturan LCGC itu, salah satunya harus menggunakan nama lokal. Makanya kita lihat manufakturnya siapa, Astra Daihatsu dan Astra Toyota, itukan nama lokalnya," katanya saat perkenalan Agya dan Ayla di Jakarta, Rabu (19/9/2012).

"Sementara nama Agya dan Ayla sendiri diambil dari bahasa Sangsekerta. Agya berarti Cepat dan Ayla berarti Cahaya," tambah Maman.

Selain nama yang menggunakan bahasa Indonesia, kebanggaan lainnya dari kedua mobil ini adalah desainer yang juga asli Indonesia.

Dia adalah Mark Widjaja. Mark adalah salah satu karyawan ADM yang telah bergabung bersama Daihatsu sejak 2003 silam.

Sementara itu, adik Avanza-Xenia ini segera dipasarkan setelah regulasi program Low Cost Green Car (LCGC) dikeluarkan pemerintah Republik Indonesia.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini