Share

Demo Anti-Jepang, Mazda Juga Tutup Pabriknya di China

Azwar Ferdian, Okezone · Selasa 18 September 2012 12:20 WIB
https: img.okezone.com content 2012 09 18 52 691424 CYdCTOfGK3.jpg F: Pabrik Mazda (carscoop)

NANJING – Setelah Toyota, Honda dan Nissan, pabrikan mobil asal Jepang lainnya Mazda, juga terpaksa menghentikan aktivitas pabrik di China. Penghentian ini terpaksa dilakukan akibat demonstrasi anti-Jepang yang memanas di China.
 

Produksi mobil di pabrik Mazda yang berada di Nanjing harus dihentikan. Pabrik Mazda di Nanjing ini juga beroperasi bareng dengan perusahaan Chongqing Changan Automobile dan juga produsen mobil Amerika Serikat, Ford.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sebelumnya, perusahaan lain asal Jepang sudah mengumumkan penutupan pabrik. Mereka memperingatkan kepada semua ekspatriat untuk tetap di dalam rumah, agar terhindar dari masalah akibat demo anti-Jepang ini.

 

Bahkan, Panasonic dan Canon Inc juga sudah mengumumkan penutupan pabrik selama beberapa hari ke depan. Mazda sendiri baru mengambil keputusan untuk menghentikan produksi di pabrik Nanjing di China, namun belum diumumkan berapa hari penutupan pabrik ini.

 

Perdana Menteri Jepang Yoshihiko Noda dan Menteri Pertahanan AS Leon Panetta, sudah mendesak Beijing untuk memberikan jaminan keamanan kepada warga negara Jepang, juga semua properti milik Jepang.

 

Meluasnya protes anti Jepang, telah menyebar di seluruh China dalam beberapa hari terakhir. Protes dilakukan setelah terjadi sengketa pada pulau di China Timur Laut, yang diakui sebagai pulau Diaoyu oleh China, dan disebut pulau Senkaku oleh Jepang.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini